Kisah Pilu di Balik Senyum Malaikat Gadis Cilik Penyapu Jalanan

by -13 views

Jatinangorku.com – Nasib Liu Yiting memang tak seberuntung teman-teman sebayanya. Jika anak-anak lain sibuk bersekolah, Liu malah jadi penyapu jalanan membantu neneknya. Gadis yang berusia enam tahun ini bukannya tidak mau sekolah, tapi pihak sekolah lah yang tidak mau menerima dirinya. Di balik senyuman manisnya, ada kisah yang begitu pilu.

Dilansir dari shanghaiist.com, setelah kedua orang tuanya bercerai empat tahun lalu, Liu tinggal dengan kakek neneknya di Jinan. Kakek neneknya bekerja sebagai petugas kebersihan. Per bulannya uang yang bisa didapat kakek neneknya adalah 3.000 RMB (6 juta rupiah).

Ayah Liu saat ini bekerja Shenzhen, sudah setahun lamanya. Sementara Ibu Liu sudah tak pernah lagi bisa dihubungi sejak empat tahun lalu. Dengan kondisi seperti itu, Liu jadi kesulitan untuk bisa bersekolah karena kakek neneknya tidak memiliki hak asuh atas Liu. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa kakek nenek Liu tak bisa menunjukkan dokumen jaminan sosial kedua orang tua Liu. Kondisi yang dialami Liu memang sudah menjadi isu serius di daerah terpinggirkan China. Orang tua yang tinggal di desa kecil biasanya tak punya pilihan lain selain pindah ke kota-kota yang lebih maju untuk mencari pekerjaan. Sementara anak mereka akan ditinggalkan di rumah untuk dirawat oleh kakek neneknya. Akibatnya, anak-anak jadi kurang kasih sayang dari orang tua mereka. Belum lagi dengan kondisi masih banyaknya kakek nenek yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak.

Anak seusia Liu seharusnya bisa mendapatkan haknya untuk bersekolah. Meskipun nasib Liu saat ini kurang beruntung, ia masih punya semangat. Walau tinggal di rumah sempit yang tak lebih dari 10 meter persegi, Liu terlihat tetap menikmati hidupnya tanpa putus asa. Ia juga rela turun ke jalanan dan membantu kakek neneknya membersihkan daun-daun berguguran.

Sumber : http://www.vemale.com/