Kisruh Pilkades Cibeusi Menemui Titik Terang

by -49 views

Kisruh Pilkades Cibeusi Menemui Titik Terang

Jatinangorku.com – Permasalahan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cibeusi yang sempat kisruh karena melanggar Perda Nomor 2/2006 tentang batas maksimal calon kades yang lebih dari lima orang, akhirnya menemui titik terang. Pemerintah Kecamatan Jatinangor akan memfasilitasi digelarnya kembali pilkades.

Hal tersebut disampaikan langsung pemerintah kecamatan kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), Bupati Sumedang bahkan sampai ke Gubernur Jawa Barat.

“Pak Gubernur (Ahmad Heryawan, red) mengembalikan kepada bupati, karena menghargai otonomi daerah. Bahwa substansinya hasil pilkades ini harus dilaksanakan lagi,” kata Camat Jatinangor Asep Aan Dahlan kepada “GM” di sela-sela perayaan HUT Jatinangor ang ke-14 di halaman kantor Kecamatan Jatinangor, Minggu (18/5).

Untuk waktu pelaksanaannya sendiri, kata Asep, masih dalam proses penggodokan. Pihaknya harus menyosialisasikan dan menginformasikan terlebih dahulu kepada warga Desa Cibeusi.

“Kami tengah menyosialisasikan pilkades kedua kalinya agar masyarakat Desa Cibeusi paham dan tahu bahwa akan ada pemilihan kades baru,” terangnya.

Rencana itu disambut baik salah satu warga Cibeusi, Depi Supardi (42). “Yang terpenting pelaksanaan berlangsung aman dan tidak ada masalah lagi. Kami (warga, red) mendukung diadakannya kembali pilkades,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang sudah mengajukan saran kepada Pemprov Jawa Barat terkait persoalan Pilkades Cibeusi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin beberapa waktu lalu sempat mengatakan, Pemprov Jabar sudah menyarankan agar persoalan pilkades dikembalikan ke perda yang berlaku di Pemkab Sumedang.

“Saya memastikan persoalan tersebut akan dinyatakan aman apabila di Cibeusi kembali dilaksanakan pilkades,” kata Zaenal.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/