Kisruh Rumah Ibadat Ada Titik Temu

by -44 views

Kisruh Rumah Ibadat Ada Titik Temu

Jatinangorku.com – Setelah sempat diwarnai aksi gelombang demo yang melibatkan organisasi massa (ormas) Islam, akhirnya penyelesaian kisruh bangunan yang dijadikan rumah ibadat di Desa Mekargalih, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang mencapai titik temu.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun “GM”, Kamis (22/5), pemilik bangunan akhirnya bersedia tidak lagi menggunakan tempat itu sebagai rumah ibadat. Yang bersangkutan akan mengembalikan fungsi bangunan tersebut sebagai tempat tinggal.

Sikap pemilik bangunan itu terlontar dalam pertemuan yang dipimpin Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si. yang dihadiri unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida) serta Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jatinangor di Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kab. Sumedang, Kamis (22/5). 

“Alhamdulillah, setelah sekian kali melakukan pertemuan, akhirnya dengan kerelaan dan kesadaraannya sendiri pemilik bangunan menyatakan kesanggupan untuk mengembalikan fungsi bangunan yang selama ini dijadikan rumah ibadat, menjadi tempat tinggal,” kata Ade.

Namun pemilik bangunan itu meminta bupati agar jemaat yang biasa beribadat di tempat itu difasilitasi dan diperbolehkan menggunakan gereja yang ada di dalam kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sedangkan Pemerintah Kab. Sumedang menyarankan kepada pemilik bangunan untuk membenahi ornamen bangunan tersebut, dan disesuaikan layaknya seperti tempat tinggal pada umumnya. Di samping itu, diimbau juga agar yang bersangkutan menempuh perizinan, seperti izin mendirikan bangunan (IMB) untuk rumah tinggal. “Atas kesediaan itu (mengembalikan fungsi bangunan sebagai tempat tinggal), yang bersangkutan sudah membuat pernyataan bermaterai. Soal keinginan mereka untuk menggunakan fasilitas peribadatan yang ada di kompleks IPDN, Pemerintah Kab. Sumedang akan mencoba mengoordinasikannya. Dan tentunya setelah surat permohonan dari mereka kita terima,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/