KMPL Keukeuh Tolak Sumur Artesis Di Wilayah Jatinangor

by -114 views


JATINANGOR

Komite Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL) Jabar, keukeuh menolak sumur artesis di wilayah Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang. Mereka menilai, sumur artesis akan membuat Jatinangor terancam kekeringan.

“Sejak dulu kita dengan tegas telah katakan, sumur artesis di wilayah Jatinangor dan sekitarnya tetap ditolak. Jika dibiarkan, dikhawatirkan kawasan Jatinangor akan krisis air bawah tanah,” kata Ketua KMPL, Apih Jaja Dipraja kepada “GM” di Jatinangor, Selasa (18/12).

Menurut Apih Jaja, saat ini meski belum marak, sumur artesis di sejumlah titik mulai dibangun dan di antaranya juga sudah dioperasikan. Baik oleh pihak pengembang apartemen ataupun pihaknya lainnya.

“Jika ada sejumlah pihak yang telah mengantongi izin terkait sumur artesis tersebut, kita berharap ditinjau ulang. Termasuk sumur artesis yang telah beroperasi, ditutup saja. Jika dibiarkan, kita tidak akan diam. Sebab ini demi menyelamatkan lingkungan Jatinangor,” katanya.

Penolakan bukan hanya datang dari KMPL tetapi juga LSM dan tokoh masyarakat Jatinangor.

“Dalam waktu dekat kita akan duduk bersama dengan sejumlah LSM dan tokoh masyarakat untuk menyikapi keberadaan sumur artesis di Jatinangor. Intinya, kita berkomitmen untuk tetap menolak sumur artesis di Jatinangor,” katanya.

(B.105)**