Kolaborasi dengan Pesaing Itu Seni

by -33 views

Kolaborasi dengan Pesaing Itu Seni

Jatinangorku.com – Industri telekomunikasi dikenal sebagai di industri yang sarat dengan kompetisi sengit. Dari jor-joran perang harga sampai perang iklan dan layanan. Tapi, pesaing dalam industri ini bukanlah musuh abadi. Perlu saat di mana perusahaan melakukan kerjasama dengan pesaingnya. Berkolaborasi dengan pesaing atau yang populer disebut dengan “co-opetition” menjadi salah satu cara membangun pasar yang tak terelakan di industri telekomunikasi sekarang ini.

Kolaborasi di industri telekomunikasi menjadi strategi untuk menggarap pasar masa depan. “Kolaborasi ini penting untuk masa depan, khususnya untuk membuat produk dan layanan baru kepada pelanggan yang sama. Dulu, kami mencari pelanggan baru dengan produk yang sama. Ke depan, kami mencari produk baru untuk pelanggan yang sama. Pelanggan sudah memasuki tahap saturated alias itu-itu saja yang perlu diberi produk dan layanan yang baru,” kata Hasnul.

Hasnul mencontohkan pelanggan yang sama akan memiliki kebutuhan yang berbeda. “Dari yang hanya dengan ponsel, sekarang memiliki tablet. Dari menggunakan memori lalu menggunakan sistem cloud. Cloud pun bisa dikerjasamakan antaroperator,” kata Hasnul.

Pihak XL sendiri mencoba menghadapi tren ke depan itu dengan membantuk tim khusus Digital Service. “Ini juga menjadi tim terpisah yang fokus pada masalah digital dan pengembangan produk-produk derivatif. Cara berpikir mereka jangan hanya sebagai orang telco. Tapi seperti orang Google, Facebook, Rakuten, dan sebagainya,” kata Hasnul.

“Bagi saya, coopetition ini adalah sebuah seni. Levelnya ada di atas kompetisi maupun akusisi. Bayangkan saja, perusahaan yang selama ini “bunuh-bunuhan” dengan musuh bebuyutan sekarang malah bekerjasama dan saling membantu. Nah, di situlah seninya,” kata Hasnul.

Sumber : http://the-marketeers.com