Komputer Canggih yang Terlihat Biasa Saja

by -20 views

Komputer Canggih yang Terlihat Biasa Saja

Jatinangorku.com – Sebuah komputer kerja dibuat dengan chip Broadwell Inter 14nm generasi berikutnya.
Awal pekan ini, CEO Intel Brian Krzanich memamerkan sebuah PC Windows 8 yang diperkuat dengan sebuah chip baru yang disebut ‘Broadwell’ dan menjanjikan bahwa gadget itu akan keluar pada 2014.

Chip tersebut akan menggunakan arsitektur mini yang sangat membuat kita terkagum-kagum, dengan hanya setebal 14 nanometer, ujarnya dalam acara konferensi Intel Developer Forum di San Francisco.

Satu nanometer adalah sepermiliar meter. Ini sama seperti dua kali ukuran sel darah manusia, yang ukurannya 6-10 nanometer. Chip itu tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Broadwell adalah chip yang dibuat setelah chip Intel Haswell. Komputer berprosesor Haswell baru saja mulai diluncurkan di pasar saat ini (seperti Macbook Air yang terbaru). Haswell juga menggunakan transistor yang sangat kecil: 22 nanometer.

Dengan memperkecil ukuran transistor membuat Intel bisa menyimpan satu lagi transistor dalam satu prosesor. Itu artinya chip menjadi lebih kuat sambil mengurangi konsumsi energi. Broadwell akan menarik 30 persen energi lebih sedikit daripada Haswell, ujar Krzanich.

Kekuatan lebih artinya lebih banyak fitur. Contohnya Ultrabook yang dipasangi Broadwell akan mendukung kamera 3D yang terpasang langsung di laptop. Pada akhirnya, Intel membayangkan laptop dengan kontrol gerakan 3D (seperti Kinect atau Leap Motion), pengenalan wajah, tracking mata dan pengenalan suara, semuanya akan menjadi mungkin dengan chip yang sangat kuat tersebut, kata Kirk Skaguen, wakil presiden klien PC Intel saat pidatonya dalam konferensi IDF.

Memperkecil ukuran transistor dari 22nm menajdi 14 nm adalah sebuah tantangan teknis yang besar karena objek yang berukuran kecil semacam itu dipengaruhi mekanik kuantum, yang beroperasi dalam rangkaian properti yang berbeda dibandingkan dengan objek yang berukuran besar. Intel menginvestasikan miliaran dolar di pabrik-pabrik baru untuk menciptakan pabrik dengan teknologi tercanggih yang bisa membuat transistor-transistor tersebut.

Meskipun para cendekiawan tetap memperkirakan bahwa kita telah mencapai batas teknik dari sekecil apa transistor-transistor itu bisa dibuat dan masih bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak, Intel bersikeras sebaliknya. Mereka saat ini sedang membuat teknologi yang akan memperkecil ukuran transistornya lebih banyak lagi, sampai 7nm, kata eksekutif Intel.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com