Komunitas Peduli Sampah Jatinangor (KPSJ) Butuh Dana Tangani Sampah

by -355 views


JATINANGOR (GM) – Komunitas Peduli Sampah Jatinangor (KPSJ) kini membutuhkan dana untuk menangani sampah di wilayah Jatinangor, Kab. Semedang. KPSJ berharap bantuan secara stimulan dari Pemda Sumedang segera turun agar sampah tertangani dan kelangsungan hidup para pekerja tidak terganggu.

Menurut Sekretaris KPSJ, Ceceng Syarif Hidayatulah saat dikonfirmasi, Minggu (29/7), kondisi Jatinangor kini memprihatinkan karena tumpukan sampah terlihat di sejumlah titik. Belum lagi para pekerja terus berkurang akibat menyusutnya anggaran.

“Saat ini anggaran yang dikucurkan para perintis KPSJ terus berkurang. Namun kami akan tetap berupaya mengatasi permasalahan sampah dengan sejumlah langkah. Salah satunya merekrut 25 pegawai yang berasal dari warga dengan upah Rp 25 ribu/hari,” ujarnya.

Dikatakan, upah pekerja berjalan lancar berkat dukungan donatur. “Hanya, karena biaya operasional terus membengkak dan anggaran kian menipis, belum lagi iuran yang diperoleh dari warga tidak memadai, pengurus sempat merumahkan sejumlah pekerja karena kesulitan anggaran. Sebagian pegawai kini dirumahkan. Ini dilakukan mengingat anggaran bener-benar sangat minim. Untuk itu, kami berharap Pemkab Bandung memberikan perhatian,” kata Ceceng.

Menyinggung awal pendirian KPSJ, tujuannya adalah membebaskan Jatinangor dari ancaman lautan sampah. Pembentukannya pun mendapat dukungan sejumlah pihak, termasuk Muspika Jatinangor.

“Keberadan KPSJ ini untuk mengantisipasi tumpukan sampah di Jatinangor. Jika Pemkab Sumedang belum juga menggelontorkan bantuan anggaran, kami khawatir Jatinangor jadi lautan sampah,” katanya.

Ceceng pun menyebutkan, Pemkab Sumedang belum pernah memberikan bantuan anggaran. Meski sejumlah anggota DPRD Kab. Sumedang menunjukkan kepedulian, namun entah mengapa anggaran yang sudah ada dicoret.

 

Sumber : klik-galamedia