Komunitas Vanguard Parkour Unpad

by -236 views

Komunitas Vanguard Parkour Unpad

Jatinangorku.com – Parkour? Apa itu Parkour? Pengertian akan Parkour sebenarnya bisa sangat variatif, tetapi hanya ada satu poin yang tetap sama yaitu Parkour adalah seni bergerak atau berpindah tempat dari titik ke titik dengan mengefisienkan pergerakan, dan secepat mungkin. Istilah “parkour” sendiri dicetuska oleh seorang berkebangsaan Prancis bernama David Belle.

logoNamun, sebenarnya seni bergerak secara efisien dari poin ke poin ini sudah ada jauh sejak dahulu sebelum nama “Parkour” itu sendiri ditemukan. Georges Hebert adalah seorang pelaut berkebangsaan Prancis pada abad ke 19 yang mengembangkan metode latihan Naturalle dengan moto etre fort pour etre utile yang memiliki makna To be strong, To be useful. Moto tersebut masih digunakan dalam Parkour sampai saat ini. Hebert terinspirasi oleh suku asli dari Afrika yang memiliki kemampuan atletik dan gimnastik yang bagus karena terlatih oleh alam sekitar mereka. Berangkat dari sana Hebert mengembangkan sepuluh dasar latihan dari metode yang dikembangkannya, meliputi walking, running, jumping, swinging, quadrupedal movement, balancing, throwing, lifting, climbing, swimming. Metode latihan ini dipakai oleh tentara Prancis di perang Vietnam, salah satu yang mendalaminya adalah Raymond Belle, ayah dari David Belle. Begitulah sejarah singkat dari Parkour.

Vanguard Parkour adalah komunitas Parkour yang berada di Jatinangor, tepatnya di Universitas Padjadjaran. Filosofi dari nama Vanguard itu sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti “Pasukan di Garis Depan” atau bisa disebut pelopor. Kata “Pasukan” merujuk kepada para traceur (parkour player), sedangkan “digaris depan” bermakna selalu siap menghadapi segala obstacles atau rintangan-rintangan. Vanguard Parkour ini adalah pelopor gerakan parkour di Universitas Padjadjaran.

Komunitas Vanguard Parkour Unpad
Komunitas Vanguard Parkour Unpad

Vanguard Parkour terbentuk pada tanggal 27 April 2012. Pendirinya adalah Luqmanul Hakim alias Max dan Yosep TRC yang berasal dari FIB UNPAD, dan Adzar seorang warga Jatinangor. Sekarang komunitas kami sudah cukup berkembang dengan beranggota lebih dari 25 orang yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi UNPAD dan beberapa orang dari luar UNPAD. Meskipun terbilang baru tetapi Vanguard Parkour ini sudah mempunyai beberapa praktisi yang ahli  dan berpengalaman.

Jadwal latihan kami adalah hari Selasa dan Kamis jam 4 sore, dan Sabtu jam 8 pagi. Untuk tempat kumpulnya adalah tugu di gerbang lama UNPAD.

Struktur komunitas:
Ketua: Luqmanul Hakim (Max), FIB

Wakil 1: M. Dika Septapa, FIB

Wakil 2: Agus Elvan Bakara, FIB.

Sekretaris 1: Lydia Marturia Yemima, FIB.

Sekretaris 2: Bella, FAPSI.

Bendahara: Yosep TRC.

Praktisi:

-Andra  -Dika

-Max  -Elvan

-Pier  -Fajar

-Yosep.

 

Kegiatan :

  • Parkour
  • Free running
  • Tricking
  • Sharing info dan pengetahuan tentang parkour
  • Silaturahmi sambil nge jus bareng
  • Wisata Mistis (jadwal tidak tentu)

 

FB: Vanguard Parkour.

Twitter: @VanguardPK

Email: Vanguard_parkour@ymail.com

CP:

Luqman: 08975396337

Yosep: 089663393780