Konsumsi Teratur Nasi Merah untuk Jaga Kesehatan

by -41 views

Jatinangorku.com – KANDUNGAN nutrisi beras merah ternyata lebih baik jika dibanding beras putih. Ini yang membuat beras merah kembali dicari orang untuk menjaga kesehatan mereka.

Belakangan ini sering kita dengar dokter maupun pakar gizi yang menganjurkan mengkonsumsi beras merah, karena nilai gizi yang tinggi dan diklaim lebih unggul dibanding beras putih.

Pamor beras merah pun mulai naik. Rumah makan khas Sunda di Kota Bandung dan sekitarnya juga menyediakan nasi merah bagi konsumen. Sejumlah rumah makan khas Sunda di kawasan Punclut, Bandung Utara, bahkan sudah puluhan tahun menyajikan nasi merah.

Berikut sejumlah fakta tentang beras merah yang dihimpun dari berbagai sumber.

Mengandung Gizi Penting
Kulit ari beras merah mengandung banyak gizi yang sangat penting bagi tubuh, kaya akan serat yang sangat penting untuk proses pengolahan energi dan pencernaan, serta mengandung minyak alami.

Unggul dalam Vitamin dan Mineral
Kandungan vitamin dan mineral beras merah lebih unggul, dua hingga tiga kali lipat beras putih. Beras merah mengandung tiamin (vitamin B1) untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya membantu bayi usia enam bulan ke atas yang tak lagi mendapat asupan zat besinya dari ASI.

Kaya Serat
Kandungan serat dalam beras merah tak hanya mengenyangkan, tetapi juga menurunkan kolestrol darah. Kolesterol jahat merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Mengandung Lemak Esensial
Lemak yang terdapat di dalam kulit ari beras merah merupakan lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Pencegah Kanker Kulit
Kandungan selenium dalam beras merah berperan mencegah kanker dan penyakit degeneratif lain. Ini karena selenium mampu mengubah peroksida menjadi komponen tidak beracun. ()

Tips Mengolah dan Memasak Beras Merah

1. Takaran air lebih banyak dari beras biasa
Beras merah butuh air dua kali lebih banyak daripada memasak beras putih. Satu gelas beras merah perlu 3-4 gelas air.

2. Campur dengan sedikit beras putih
Mereka yang belum biasa makan beras merah, dapat menambahkan beras putih dengan perbandingan 3:1. Sehingga tekstur dan rasa mirip nasi putih.

3. Rendam sebelum dimasak
Rendam beras merah 30-60 menit sebelum dimasak untuk membantu beras lebih cepat lunak dan matang.

4. Masak dengan cara ditanak
Nasi merah yang dimasak dengan cara ditanak terasa lebih pulen dan wangi, dibandingkan menggunakan rice cooker atau magic com

Sumber : http://www.inilahkoran.com/