Kontingen Jabar Sabet 38 Medali di Pornas SOIna VIII/2018 Riau

by

Kontingen Jawa Barat berhasil meraih peringkat ketiga pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII Special Olympic Indonesia (SOIna) 2018 Riau.

Pada ajang olah raga disabilitas intelektual nasional tersebut, Kontingen Jabar berhasil mengumpulkan 38 medali yang terdiri atas 13 medali emas, 13 perak, dan 12 perunggu.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan bersyukur atas pencapaian tersebut. Dirinya pun berterima kasih kepada para atlet, official, para pelatih, orang tua atlet, juga para pengurus SOIna Jabar yang telah berjuang mengharumkan nama Jawa Barat.

“Saya bangga sekali kepada semua yang telah mengharumkan nama Jawa Barat di Pornas SOIna VIII/2017 Riau kemaren,” ungkap Iriawan, saat menerima kontingen SOIna Jabar, di Gedung Sate Bandung, Senin (30/07/2018).

Pada gelaran multicabang olah raga empat tahunan skala nasional ini, Jawa Barat tampil di 10 dari 12 cabor yang dipertandingkan, diperkuat sekitar 71 atlet dan 26 ofisial. Dua cabang olahraga yang tidak diikuti yakni senam ritmik dan sepakbola.

“Kedepan harus terus latihan, pelatih pelajari kelebihan kekurangan tiap atlet di tiap cabang olahraga,” ujarnya.

Selain itu Iriawan pun meminta SOIna Jawa Barat supaya terus mencari bibit -bibit atlet baru. Iriawan juga meminta keorganisasian SOIna Jabar diperkuat, demi solidnya prestasi SOIna Jabar.

Ketua Pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) Daerah Provinsi Jawa Barat Sri Hartini Sutjipto, membeberkan Pornas VIII SOIna tahun 2018 digelar di Kota Pekanbaru dan Rumbai, Riau, mulai Kamis (19/07/2018) hingga Senin (23/07/2018).

Pada Pornas VIII SOIna tahun 2018, dipertandingkan sebanyak 12 cabang olahraga yaitu Atletik, Renang, Senam Ritmik, Bola Basket, Bocce, Bowling, Bulu Tangkis, Futsal, Bola Tangan, Sepakbola, Tenis Meja, dan Bola Voli.

“Pornas VIII SOIna Tahun 2018 pun menjadi ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada event Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Maret 2019 mendatang,” kata Sri.

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com