Korban Banjir Jatinangor Mulai Rasakan Gatal-Gatal dan Pusing

by

Korban banjir yang melanda empat desa di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu 13 Januari 2019 malam, mulai mengalami gangguan kesehatan.

Puskesmas Jatinangor mulai menerima keluhan dari warga yang mulai merasakan gatal-gatal serta pusing.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Anna Hernawati Sabana mengatakan saat ini sumber air bersih milik warga di Desa Mekargalih, Desa Sayang, Desa Cipacing, dan Desa Cikeruh tercemar.

Selain itu genangan air yang belum surut menjadi penyebab munculnya keluhan warga terkait kesehatannya.

“Makanya Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak bencana banjir dengan mendirikan posko pelayanan kesehatan di lokasi daerah yang terdampak banjir,” katanya, Senin 14 Januari 2019.

Lebih lanjut, selain mendirikan posko pelayanan kesehatan, Anna menerangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang akan melakukan kaporitisasi agar sumber air warga bisa kembali digunakan.

“Itu dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya gejala diare dan penyakit kulit, serta penyakit lainnya,” tegasnya.

Ditambahkan Anna, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah tidak pada tempatnya terutama membuang ke aliran Sungai.

“Selain itu masyarakat diimbau meningkatkan higienis sanitasi tempat tinggal dan pereorangan, memakan makanan yang layak di konsumsi dan kalau memang ada keluhan kesehatan terkait dampak banjir agar segera memeriksakan diri ke petugas di posko pelayanan kesehatan dan ke sarana pelayanan kesehatan terdekat,” ucap Anna.

 

 

 

Sumber : https://opsi.id