Korban Longsor Cimareme dan Ciherang Sumedang Diungsikan ke GOR Tajimalela

by -64 views

Polisi mengevakuasi ratusan warga di lokasi longsor Cimareme, Kelurahan Pasanggrahan dan Ciherang, Desa Ciherang, KecamatanSumedang Selatan, Rabu (21/9/2016).

Ratusan warga ini ditempatkan di GOR Tadjimalela yang berjarak 3 km dari lokasi longsor.

“Rawan terjadi longsor susulan apalagi kalau hujan sehingga warga di sekitar kawasan yang longsor diungsikan ke GOR Tadjimalela,” kata Kabag Ops Polres Sumedang, Kompol Setya Widodo, Rabu (21/9/2016).

Warga Ciherang yang sudah menggungsi mencapai 300 jiwa. Di Cimaremale ada 400 jiwa yang terancam longsor susulan. “Kami juga membujuk warga Cimareme untuk mengungsi ke GOR Tajimalela,” katanya.

Di GOR Tajimalela disiapkan dapur umum dan petugas medis. “Logistik untuk korban bencana alam longsor mencukupi dan akan ada bantuan dari BPBD Jabar,” kata Ayi Rusmana, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata Ayi di Tadjimalela.

Ana Sabana,Sekretaris Dinkes Sumedang menyebutkan ada enam perempuan yang hamil dan tiga stroke di lokasi bencana. “Untuk wanita hamil terutama yang mau melahirkan dititipkan di rumah tunggu kelahiran (RTK),” kata Ana di GOR Tadjimalela.

Ia mengatakan penyakit pasca longsor belum ada dan korban tanah longsor menderita sakit bawaan sebelum longsorm “Kami terus memantau kesehatan para korban longsor,” katanya.