Kos-Kosan Mewah ala Jatinangor

by -30 views

Jatinangorku.com – Tiga tahun yang lalu, di sebuah kecamatan yang ditinggali oleh belasan ribu mahasiswa ini mulai dibangun tempat tinggal berbentuk bangunan bertingkat yang besar dan mewah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, yang biasa kita sebut juga apartemen. Ya, Jatinangor hari ini bukanlah kecamatan biasa. Sudah memiliki lebih dari tiga apartemen yang dibangun saat ini. Hal tersebut tak terlepas pula dari gaya hidup mahasiswa rantau zaman sekarang.

Untuk mahasiswa yang berdomisili di seputaran Bandung,kebanyakan dari mereka memilih untuk menempuh jarak 40-45 km untuk pulang pergi dari rumah orangtuanya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk para mahasiswa rantau,mahasiswa asal Jakarta pun bisa dibilang mahasiswa rantau. Mereka mau tak mau harus menyewa tempat tinggal untuk mempermudah akses mereka dalam masa-masa perkuliahan.

Jika apartemen terkesan terlalu mewah untuk kalangan mahasiswa, ada pula kos-kosan dengan harga selangit setingkat dengan harga apartemen. Dulu, harga jutaan untuk kos-kosan di Jatinangor adalah hitungan untuk iuran tahunan. Namun sekarang, kos-kosan yang harganya 2 juta perbulan pun sudah banyak di berbagai sudutnya. Gaya hidup seperti ini memang tidak dilakukan seluruh mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia, namun tetap saja ada peminatnya, banyak.

Kami meliput ke salah satu kosan di Jatinangor yang terkenal cukup mewah dan dihuni oleh rata-rata mahasiswa UNPAD. Jika dulu mahasiswa mencari kos-kosan yang dekat dengan kampus, Residence 77 yang letaknya agak jauh dari gang masuk jalan Caringin ini ternyata tak membuat sepi mahasiswa yang menyewa kamar disini.

“Ya emang jauh, tapi view nya gunung Geulis, dan pada nggak keberatan karena rata-rata bawa mobil, ojek juga banyak. Buat yang bawa mobil kami ngasih fasilitas parkir yang luas, juga fasilitas lengkap yang istilahnya buat para mahasiswa tinggal bawa diri dan baju saja kalau ngekos disini,” ujar Rina selaku pengelola Residence 77.
Sejalan dengan yang dikatakan pihak pengelola, ternyata para penghuni juga memang merasa nyaman di kos-kosan yang memiliki kamar kurang lebih 70 pintu.

“Ya harga pasti mementukan kwalitas. Daripada di apartemen mending disini sih, nggak ribet naik turun lift dan sama tetangga masih bisa interaksi. Mahal kan karena udah dapat furniture, AC, laundry, internet gitu. Kalau saya pribadi sih jauh nggak masalah, karena bawa kendaraan juga,” ujar Dimitri (22) mahasiswa tingkat akhir yang sejak menghuni sekitar 3 bulan lalu.

Nah, pilihannya sudah beragam, kos-kosan murah, menengah, mewah hingga bentukan apartemen pun ada. Tinggal mahasiswanya saja yang memilih mana yang nyaman sesuai dengan yang mereka butuhkan

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/