Kosmetik Picu Terjadinya Kanker Payudara

by -83 views

Kosmetik Picu Terjadinya Kanker Payudara

Jatinangorku.com – Kosmetik jelas memiliki hubungan erat dengan wanita. Pasalnya, perabotan ini merupakan hal yang wajib dimiliki oleh sebagian besar wanita. Akan tetapi, ternyata kosmetik juga mengandung beberapa senyawa kimia yang menyebankan kanker payudara.

Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalam kosmetik memang berifat menganggu kerja hormon. Seperti dilansir oleh breastcancer.org, gangguan pada hormon ini tentunya akan memicu sel-sel kanker penyerap hormon estrogen akan tumbuh dengan subur.

Meski begitu, akan sangat sulit bagi wanita untuk menghindari senyawa tersebut. Pasalnya, kosmetik sendiri merupakan campuran dari berbagai senyawa kimia. Untuk itu, wanita perlu mengetahui senyawa yang mampu memicu terjadinya kanker payudara pada wanita.

Senyawa pertama yang sering ada dan menyebabkan kanker adalah Parabens. Senyawa ini biasanya hadir dalam bentuk metilparaben, propilparaben, etilparaben dan butatilparaben. Senyawa kimia ini biasanya berada pada makeup, pelembut, produk-produk perawatan rambut dan juga krim atau gel pencukur rambut.

Paraben sendiri biasanya akan bertindak menyerupai estrogen. Akibatnya, senyawa ini akan diserap dengan sel-sel kanker yang memang bisa tumbuh subur akibat hormon estrogen ini dan membuatnya tumbuh dengan cepat.

Senyawa yang kedua adalah Phthalates. Senyawa ini biasanya akan sering dijumpai pada produk-produk yang digunakan untuk mencegah kerusakan, cat kuku dan juga hair spray. Berbeda dengan paraben, senyawa ini tidak bertindak layaknya estrogen.

Akan tetapi, ini bisa mengacau kerja hormon sehingga merusak keseimbangan produksi hormon di dalam tubuh yang bisa saja lebih banyak memproduksi hormon estrogen yang baik bagi sel kanker.

Sumber : http://www.vemale.com/