KPU Sumedang Tak Larang Kampanye Negatif

by -17 views

KPU Sumedang Tak Larang Kampanye Negatif

Jatinangorku.com – KPU Sumedang tak melarang kampanye negatif dalam pilpres kali ini. Hanya saja, kampanye tersebut disampaikan dalam etika dan tidak melanggar peraturan lainnya.

“Sebenarnya kampanye negatif itu tidak ada larangannya, dan tidak juga diatur oleh undang-undang,” kata Komisioner KPU Sumedang Bidang Humas dan Sosialisasi Elsya Triahadini, Kamis (19/6/2014).

Menurut Elsya, kampanye negatif adalah kampanye yang sifatnya menyerang pihak lain melalui sejumlah data atau fakta yang bisa diverifikasi dan diperdebatkan. Di luar negeri, kampanye negatif malah dilakukan namun disampaikan dengan etis dan tanpa melanggar aturan manapun.

Sementara kampanye hitam adalah kampanye yang bersumber pada rumor, gosip, bahkan menjurus ke implementasi sejumlah teknik propaganda. Menurut Elsya, jenis ini biasanya sulit untuk diverifikasi apalagi diperdebatkan.

“Dalam aturan pilpres, kampanye hitam dilarang namun kembali lagi sejauhmana pengawas bisa menjalankan tugasnya,” tutur Elsya.

Pada masa kampanye ini, KPU Sumedang sudah banyak menerima pertanyaan dan permohonan penjelasan soal kampanye hitam dari kedua belah kubu pemenangan di tingkat kabupaten. KPU hanya sebatas menjelaskan definisi sesuai dengan peraturan yang ada. Soal adanya eksekusi terhadap pelanggaran yang terjadi tentu bukan ranah KPU.

KPU Sumedang mengakui, pilpres kali ini menjadi ajang terpanas setelah beberapa kali pemilihan yang diadakan berdekatan mulai dari pilkada sampai pileg kemarin. Meski demikian, KPU justru menilai, kritik yang dilontarkan pada pendukung capres di Sumedang lebih membangun.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/