KPU Terus Perbaiki Data Pemilih

by -22 views

KPU Terus Perbaiki Data Pemilih

Jatinangorku.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menuturkan pihaknya terus melakukan sinkronisasi data pemilih yang beda dengan data Kemendagri.  Antara lain, terkait  65 juta pemilih yang tak memiliki Nomor Induk Kependudukan.

“Baik KPU dan Kemendagri dari hasil sinkronisasi sudah ada perkembangan. Kita terus melakukan koordinasi untuk memastikan hasil perbaikan DPT (daftar pemilih tetap) yang sudah ditetapkan bisa dilakukan koreksi,” ujar Husni di Kemendagri, Rabu (25/9/2013) dini hari.

Husni mengakui, secara teknis ditemukan adanya data-data yang tidak valid antara data yang dimiliki KPU dan data Kemendagri. Namun ia menjelaskan, kemungkinan itu belum tentu juga terjadi pada kenyataannya di lapangan.

“Misalnya terhadap data-data yang ditemukan identik ganda nasional. Tidak mungkin dilakukan di kabupaten atau kota karena harus dikonfirmasi di daerah dengan melakukan verifikasi faktual langsung. Dari 65 juta data yang tanpa NIK tinggal 49 juta,” katanya.

Untuk menyelesaikan perbedaan data dua belah pihak ini, baik KPU dan Kemendagri saling tukar data untuk dipelajari. Seperti Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dipelajari Kemendagri, dan DP4 dikaji lagi KPU.

“Bila perbedaan data itu hanya sistemik, maka akan dilakukan di pusat saja. Tapai kalau tidak, data-data yang perlu dikonfirmasikan di lapangan. Sebarannya ini merata di semua daerah,” terang Husni sambil memastikan data yang sudah sinkron 131 juta.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com