Kuota CPNS Sumedang 430 Orang, hanya 143 yang Lolos Tes

by

Peserta tes calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Sumedang yang lolos passing grade hanya 143 orang.

Padahal kuota untuk CPNS Sumedang mencapai 430 orang dan peserta yang ikut tes mencapai 3 ribu lebih.

Para peserta tes CPNS yang lolos passing grade ini masih harus mengikuti serangkain tes lainnya.

Sedikitnya peserta tes CPNS yang memenuhi standar penilaian ini bukan hanya terjadi di Sumedang.

Di beberapa daerah juga jumlah peserta yang lolos hanya sekitar 20 persen dari kuota yang dibutuhkan.

Ketua Komisi A DPRD, Jajang Heryana menyebutkan jika passing grade yang sudah ditetapkan sudah merupakan standar minimal dari kompetensi kemampuan dasar dan tes lainnya maka kebutuhan 430 orang CPNS di Sumedang tidak bisa dipenuhi.

“Kuota CPNS Sumedang sebanyak 430 orang dan yang lolos passing grade sebanyak 143 orang. Artinya kuota untuk Sumedang tak bisa dipenuhi,” kata Jajang melalui sambungan telepon, Minggu (18/11/2018).

Menurutnya, peserta yang lolos tes CPNS ditetapkan saja sesuai dengan passing grade dan tes lainnya.

“Tidak harus dipaksakan untuk menurunkan passing grade supaya bisa memenuhi kuota CPNS. Saya mengkhawatirkan kalau ada penurunan passing grade malah nanti kempetensinya diragukan,” kata anggota Fraksi Golkar ini.

Ia mengatakan, untuk kebutuhan 430 orang CPNS, APBD 2019 Sumedang sudah menyiapkan anggaran untuk belanja pegawai baru itu.

“Sehingga kalau ditetapkan sebanyak 143 orang CPNS baru maka beban APBD 2019 untuk belanja pegawai baru bisa dialihkan untuk keperluan lain yang membidik visi misi seusai Perda RPJMD yaang saat ini dalam pembahasan tim eksekutif,” kata Jajang.

Saat ini, terang dia, beban belanja pegawai pada posisi 55 persen dari total pendapatan APBD 2019 sebesar Rp 2,6 triliun lebih.

Jajang menawarkan, untuk menutupi kuota CPNS yang sudah ditetapkan maka kekurangannya bisa diisi oleh Skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Pendapat saya untuk mengisi kekurangan diisi saja P3K sesuai dengan kebutuhan yang tidak terlalu membebani belanja daerah,” katanya.

Formasi CPNS untuk Sumedang sebnayak 430 orang.

Tes CPNS dari jalur umum untuk tenaga guru sebanyak 233 orang, tenaga kesehatan (96) dan tenaga teknis (19).

Sedangkan untuk formasi khusus, disabilitas (3), cumlaude (3), eks tenaga honorer K2 (72), tenaga kesehatan cumlaude (4).

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com