Kuota Transmigrasi Bagi Sumedang Terbatas

by -66 views

Kuota Transmigrasi Bagi Sumedang Terbatas

Jatinangorku.com – Peminat transmigrasi di Kabupaten Sumedang untuk pemberangkatan 2014 membludak. Namun kuota yang diberikan pemerintah pusat sangat terbatas, hanya untuk lima kepala keluarga.

“Kuotanya sangat terbatas, hanya 5 KK untuk 2014 ini, sementara yang sudah daftar ada 40 KK,” kata Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Transmigrasi Dadang Sukma, Kamis (19/6/2014).

Jumlah ini tentu sangat tidak memadai. Karena peminta transmigrasi sudah sangat banyak. Disdukcapil pun akan berkoordinasi lagi untuk memohon penambahan kuota.

Hal ini dilakukan mengantisipasti adanya peminat transmigrasi yang merupakan warga terkena dampak Waduk Jatigede.

“Sampai saat ini, warga yang terkena dampak Jatigede tetap kami prioritaskan untuk bertransmigrasi. Sementara itu, seiring semakin dekatnya rencana penggenangan, peminat transmigrasi akan semakin membludak,” ucap Dadang.

Namun, Dadang akan meneliti para peminat transmigrasi ini. Bisa jadi, mereka tidak benar-benar ingin bekerja setelah berada di lahan baru. Sementara pemerintah setempat di lahan transmigrasi sudah kewalahan dengan ulah para transmigran yang memilih pulang kembali ke tempat asal. Lahan yang telah disediakan dan harus diolah malah dibiarkan begitu saja. Malah, lahan transmigrasi dijual ke warga lain.

Transmigrasi bagi Pemkab Sumedang menjadi urusan pilihan. Namun sejak 1960, menjadi fokus pemkab untuk memindahkan penduduk Jatigede. Transmigrasi mulai berkurang sejak 1990-an seiring dengan terhentinya rencana waduk. Mulai 2007, transmigrasi mulai ditingkatkan lagi karena rencana waduk dilanjutkan kembali.

Dari ratusan orang yang bertransmigrasi, hanya 5 persen yang berasal dari luar warga Jatigede. Namun, transmigran dari Jatigede ini hanya berhasil sekitar 10 persen saja, sisanya kembali lagi dengan jumlah jiwa bertambah karena sudah beranak pinak. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/