Lantik 1.921 Praja IPDN, Jokowi Minta ASN Bersih dari KKN

by -56 views

 

Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 1.921 Calon Pamong Praja Muda IPDN lulusan angkatan XXIII/ 2016 di Lapangan Parade Kampus IPDN Jatinangor, kemarin (8/8).

Dia mengucapkan selamat kepada para pamong praja muda yang telah lulus dalam menepuh pendidikan di IPDN tahun 2016. ”Ini merupakan awal dari pengabdian panjang sebagai aparatur sipil negara untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ujarnya saat memberikan sambutan di hadapan ratusan praja muda IPDN.

Presiden menambahkan, pamong paraja muda bakal menjadi ujung tombak negara dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, responsif, serta berkualitas. Sehingga negara selalu hadir di tengah-tengah rakyatnya.

”Untuk itu saudara harus bisa menjadi pelopor reformasi birokrasi di institusi pemerintahan. Di mana pun nanti akan ditugaskan,” katanya.

Bagi dia, praja harus menjadi pribadi-pribadi terdepan dalam revolusi karakter mental, perubahan pola pikir, dan perubahan sistem tata kelola pemerintah yang lebih baik.  ”Harus menjadi teladan yang bermanfaat bagi rakyat dalam membangun sikap yang optimistis, inovatif dan berani melakukan terobosan yang bermanfaat bagi rakyat,” ujarnya.

Ke depan, kata dia,  ASN bakal menghadapi tantangan yang semakin berat dan komplek. Sebab, tuntutan masyarakat pada kinerja ASN semakin tinggi.

”Rakyat menghendaki ASN yang bekerja semakin berintegritas semakin efektif dan berkualitas,” urainya.

Presiden ke-7 itu mengingatkan, praja harus memegang teguh komitmen untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, berintegritas, bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sehingga semakin dipercaya oleh rakyat. ”Saya ucapkan selamat kepada Pamong Praja Muda IPDN Lulusan angkatan XIII dan selamat bertugas,” tegasnya.

Dari pantauan, Presiden Joko Widodo hadir didampingi ibu negara Hj Iriana Joko Widodo, Wakil ketua MPR RI, sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Wakil Gubernur Jawa Barat.