Lawan Narkoba Lewat Olahraga

by -45 views

jatinangorku.com – Kegiatan olahraga bisa menjadi salah satu sarana efektif untuk mengampanyekan perang terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Hal itu setidaknya dirasakan oleh Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) yang tek henti melakukan sosialisasi dalam berbagai cara.

Salah satu bentuk kegiatan Granat yang diselipi sosialisasi anti narkoba adalah kejuaraan Granat Golf Tournament 2016 di Lapangan Golf Bandung Giri Gahana (BGG), Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Sabtu, 8 Oktober 2016. Gelaran tersebut sekaligus merupakan salah satu rangkaian menuju Musyawarah Nasional ke-3 dan hari jadi Granat ke-17, 28 Oktober 2016 mendatang.

golf-bgg-jatinangor

Ketua Panitia Pelaksana Granat Golf Tournament 2016 Mayjen Prn. TNI, Muchdi PR mengatakan, sosialisasi bahaya narkoba bisa disampaikan kapan saja, di mana saja dan dalam kegiatan apapun. “Turnamen golf ini juga bisa untuk menyosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Muchdi, turnamen golf cukup efektif untuk sosialisasi karena bisa diikuti oleh berbagai kalangan usia. Kegiatannya sendiri sengaja digelar di Jabar yang notabene masuk dalam kategori darurat Narkoba dengan sekitar 1 juta warganya yang terindikasi kecanduan.

Dalam turnamen itu, kata Muchdi, sedikitnya 100 pegolf dari anggota DPD Granat DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar), perkumpulan advokat Jabar, serta purnawirawan TNI dan Polri ikut serta. Mereka bertanding dalam 4 nomor event dari Flight A (Handicap 1-14), Flight B (Handicap 15-20), Flight C (Handicap 21-28), hingga Flight Senior.

Untuk Flight Senior, Daniel S dengan handicap 4, meraih gelar best gross over all dalam turnamen itu dengan total kotor 76 poin. Muchdi yang juga ikut bertanding denga handicap 12, berhasil menyabet sendiri gelar best nett over all dengan catatan total bersih 67 poin.

Sementara pada Flight A, Nandang (handicap 8) muncul sebagai best gross dengan total 80 poin. Ia bersanding dengan John Peter (handicap 12) sebagai best nett dengan total 71 poin.

Dengan total 84 poin, Amri (handicap 12) muncul sebagai best gross kategori Filght B. Sedangkan best nett kategori ini diraih oleh Didin S (handicap 20) dengan total 70 poin.

Di Filght C, Asep Supardi (handicap 21) meraih best gross dengan total 91 poin. Sementara best nett menjadi milik Taspen (handicap 21) dengan total 70 poin.

Selain turnamen Golf, Muchdi menambahkan, pihaknya juga akan menggelar turnamen sepakbola mini dan beberapa event olahraga lain yang diselingi sosialisasi anti narkoba dalam waktu dekat. Puncaknya, sosialisasi anti narkoba dalam skala lebih besar akan dilakukan pada Munas dan puncak peringatan HUT Granat di Gedung Merdeka, Kota Bandung 28 Oktober 2016.***

sumber : pikiran-rakyat