Lebaran Usai, Pencari Kerja Meningkat

by -9 views

Lebaran Usai, Pencari Kerja Meningkat

Jatinangorku.com – Lebaran sudah usai. Kini, giliran Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang yang sibuk melakukan pelayanan publik.

Dinas ini ramai dikunjungi pencari kerja dengan tujuan pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Sejak Senin (4/8/2014) dan Selasa (5/8/2014), jumlah pemohon kartu kuning mencapai 100 orang setiap hari. Padahal biasanya cuma ada 30-50 orang saja.

“Usai lebaran jumlah pencari kerja meningkat. Ini terlihat dari meningkatnya permohonan kartu kuning yang mencapai dua kali lipat,” kata Deni Hanafiah, Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnaker Sumedang, Selasa (5/8/2014).

Lonjakan ini biasa terjadi usai lebaran atau selesai tahun ajaran. Pencari kerja bervariasi dari segi usia, ada yang baru lulus sekolah menengah namun ada juga yang di atas 23 tahun.

Menurut Deni, kondisi ini menyimpulkan jika pencari kerja tidak hanya lulusan sekolah yang baru akan mencari kerja melainkan angkatan kerja nonproduktif. Kalangan inilah yang juga tercatat meningkat jumlahnya usai lebaran.

“Biasanya mereka diajak kerja di kota besar oleh saudaranya yang baru saja tiba di kampung dan akan kembali bekerja,” kata Deni.

Pencari kerja yang tercatat di dinas ini adalah angkatan kerja yang mencari pekerjaan di sektor formal. Jumlah ini terus meningkat setiap tahun. Hal ini menyebabkan angka pengangguran bertambah.

Padahal, angkatan kerja yang sudah mendapatkan penghasilan di sektor informal sudah banyak namun tidak tercatat. Mereka bekerja di usaha kecil menengah atau di sektor pertanian

Sumber : http://www.inilahkoran.com/