Lebaran, Waspada Tabung Gas Bodong

by -30 views

Lebaran, Waspada Tabung Gas Bodong

Jatinangorku.com – Tindak kriminal yang diprediksi meningkat menjelang lebaran, tak hanya berupa tindakan kekerasan saja. Sebab, peredaran tabung gas bodong kemungkinan naik saat Lebaran nanti.

“Mulai saat ini sampai beberapa hari setelah lebaran, waspada dengan peredaran tabung gas bodong. Ciri-cirinya, tidak ada SNI dan beratnya lebih ringan karena tidak terukur pengisiannya,” kata Kepala Bagian Ekonomi Kabupaten Sumedang, Encep Sudirjo, Kamis (17/7/2014).

Namun, hingga kini Encep belum menerima laporan ditemukannya tabung gas bodong di Sumedang. Selama ini, pengawasan tabung gas bodong dilakukan pertamina bersama penjual, agen, dan distributor.

“Kalau ada pengecer ketahuan menjual gas bodong, nanti tidak akan dikirim lagi gas asli atau dikenai sanksi oleh agen atau distrubutor. Begitu pun dengan para agen yang bertindak sama, akan dikenai sanksi,” tutur Encep.

Peredaran tabung gas bodong ini hanya marak di hari-hari besar atau liburan. Jika hari biasa, tabung ini tidak dijual atau sepi dari peredaran. Dengan demikian, pengecer pun kembali lagi menjual tabung gas asli. Tapi jika sedang terkena sanksi, maka permintaan penjualan tabung gas tidak akan dipenuhi oleh agen atau distributor

Sumber : http://www.inilahkoran.com/