Lebih dari 5.000 Orang di Jatinangor Belum Memiliki e-KTP

by -23 views

Lebih dari 5.000 jiwa warga di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, hingga saat ini belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Padahal, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo telah menerbitkan surat edaran jika e-KTP harus segera diterbitkan pada 1 Oktober 2016. Pasalnya, KTP lama sudah tidak akan berlaku lagi.

Sekertaris Camat Jatinangor, Dase Suheryana mengatakan, keterlambatan pencetakan dan penerbitan e-KTP tersebut dikarenakan server yang berada di Kecamatan Jatinangor server dan mesin perekamannya rusak.

“Nah setelah diganti, server yang barunya juga lelet. Hasil perekaman yang kami kirim ke Disdukcapil, dua hari tiga hari juga tidak sampai-sampai,” kata dia kepada Tribun saat ditemui di ruang kerjanya, .

Dase mengaku, banyak warga yang sering datang ke Kantor Kecamatan Jatinangor untuk menanyakan penerbitan e-KTP. Namun, pihaknya tidak dapat berbuat apa-apa. Pasalnya, pihak kecamatan hanya bertugas sebagai perekam saja.

“Yang mencetak itu kan Disdukcapil. Kami juga tidak bisa menjanjikan kapan jadinya. Kami kan hanya bertugas merekam saja. Bahkan ada juga yang sudah satu tahun e-KTP nya belum jadi,” kata dia