Libur Natal dan Tahun Baru, Alat Berat Siaga di Lokasi Rawan Bencana

by -14 views

Perayaan natal dan tahun baru dijadikan momen bagi masyarakat untuk pulang kampung atau liburan ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Agar tidak terjadi gangguan lalulintas, Polda Jabar pun sudah menyiapkan langkah.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito menuturkan, untuk mengantisipasi gangguan akibat bencana alam seperti longsor, pihaknya akan menempatkan alat berat di lokasi yang rawan longsor. Sebab, ujarnya, dengan kondisi cuaca saat ini, dikhawatirkan terjadi longsor di lokasi-lokasi yang akan dilalui masyarakat baik untuk liburan atau pulang kampung.

“Semua titik jalur kami amankan. Terutama di lokasi yang rawan bencana alam seperti di jalur selatan Garut dan Tasik, kami siapkan alat berat. Sehingga kalau terjadi bencana, kami sudah siap mengatasi,” ujar Bambang kepada wartawan usai rapat koordinasi operasi lilin lodaya di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (15/12/2016) sore.

Pengamanan juga dilakukan di jalur tol. Pihaknya akan mendirikan pos-pos di sepanjang jalur tol yang ada di Jawa Barat.

“Pos itu juga bisa dijadikan rest area. Sehingga masyarakat kalau capek istirahat saja dahulu di pos supaya aman dan nyaman. Jangan dimana saja, nanti malah kendaraan dibobol atau sebagainya,” katanya.

Pihaknya pun mengimbau kepada pengendara baik sepeda motor dan mobil untuk tidak memakasakan jika merasa kelelahan. Ia mengimbau agar masyarakat dapat beristirahat terlebih dahulu di sejumlah tempat yang aman.

“Kalau capek, ya istirahat. Kalau dipaksakan tidak istirahat malah berbahaya,” ujar Bambang