Libur Natal dan Tahun Baru, Jabar Siapkan 5.072 Armada

by -14 views
Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat menyiapkan bus sebanyak 5.072 baik untuk trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan pariwisata untuk menyambut liburan panjang Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.
Kepala Dishub Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, agar kedua liburan panjang tersebut berjalan lancar maka pihaknya akan melakukan pengecekan secara serentak baik kesehatan sopir ataupun kelaikan jalan kendaraannya mulai dari segi pengereman, kualitas ban, dan termasuk fungsi administrasi seperti buku STNK dan SIM.
“Kami juga menyiapkan 32 gerbong kereta api, 1.213 armada laut, dan 42 armada udara. Ini disiapkan untuk antisipasi libur Natal dan Tahun Baru. Kami siapkan antisipasinya sampai tanggal 2 Januari 2017,” kata Dedi kepada wartawan ditemui usai gelar apel keamanan Libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (22/12/2016).
Dedi menambahkan, pihaknya akan melarang armada terutama bus untuk melakukan perjalanan jika tidak memenuhi unsur-unsur kelaikan yang disebutkan di atas. Meski demikian dirinya belum menerima laporan kelaikan bus secara keseluruhan dari 66 terminal yang ada di Jawa Barat.
“Mungkin siang saya bisa lihat laporan secara keseluruhan, kalau tidak layak jalan nanti akan kita larang mereka jalan. Kalau memang harus diperbaiki ya diperbaiki dulu baru boleh melakukan perjalanan,” katanya.