Lima Kecamatan Menjadi KSP

by -95 views

Lima Kecamatan Menjadi KSP

Jatinangorku.com – Lima kecamatan di wilayah barat Kab. Sumedang menjadi Kawasan Strategis Provinsi (KSP) di Jawa Barat. Kelima kecamatan itu, yakni Cimanggung, Jatinangor, Tanjungsari, Pamulihan, dan Sukasari.

Demikian terungkap dalam pertemuan Badan Perencanaan Pembangunan Dearah (Bappeda) Kab. Sumedang dengan para kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kec. Cimanggung, Selasa (24/9). Pertemuan juga dihadiri aparat kecamatan setempat.

Mereka membahas rencana detail penyusunan kawasan strategis provinsi di lima kecamatan tersebut. Pertemuan berlangsung di ruang rapat kantor Camat Cimanggung.

Camat Cimanggung, Asep Aan Dahlan, mengatakan, ada beberapa isu strategis di wilayahnya. Seperti Jalan Parakanmuncang yang kondisinya masih rusak. Akibatnya kemacetan sering terjadi di wilayah tersebut. Ada juga kerusakan jalan di jalur lainnya masih di wilayah yang sama. “Infrastruktur jalan yang rusak mengakibatkan kemacetan,” katanya, Kamis (26/9).

Dibahas juga isu pendangkalan tiga sungai di Kec. Cimanggung, yakni Cimande, Cikijing, dan Citarik. “Pendangkalan memicu banjir di Kec. Cimanggung,” katanya.

Ia berharap ketiga sungai ini segera normalisasi. Apalagi memasuki musim hujan, ketiga sungai itu kerap meluap hingga air menggenangi rumah-rumah penduduk dan Jalan Raya Bandung-Garut.

Dikatakannya, musim hujan tahun lalu, di Kec. Cimanggung terjadi 9 kali banjir akibat luapan tiga sungai tadi. Daerah yang rawan banjir ini desa-desa yang berdekatan dengan kawasan industri. Di antaranya Sindangpakuon, Cihanjuang, Mangunarga, dan Sukadana.

Mereka pun membahas pembangunan SMK yang berkaitan dengan kebutuhan tenaga kerja di kawasan industri seperti Kec. Cimanggung yang merupakan kawasan industri tekstil.

“SMK ini untuk menangkap peluang daerah di kawasan industri. Nantinya, di sekolah tersebut ada program pendidikan kejuruan bidang tekstil dan mesin industri,” katanya.

Selain itu, masih banyak rumah tidak layak huni dan angka kemiskinan yang mencapai ribuan jiwa. Data ini didapat dari penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Asep berharap wilayahnya lebih maju. 

Untuk itu harus ada dukungan dari berbagai pihak. Perwakilan Bappeda Kab. Sumedang, Dadang mengatakan, Kec. Cimanggung memiliki nilai strategis karena berbatasan dengan Kab. Bandung. “Cimanggung pun daerah penyangga kecamatan lainnya di Kab. Sumedang,” tuturnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com