Lima Warga Australia Ajari Warga Sumedang Berhenti Merokok

by -24 views

 

 

Kabupaten Sumedang yang baru memiliki Perda Kawasan Tanpa Rokok dipilih organisasi non pemerintah (Ornop) asal Australia. Ornop asal negeri Kanguru ini datang ke Sumedang untuk memberikan motivasi bagi tim motivator setop merokok yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang.

“Selama tiga hari sampai Rabu (18/5) besok tim motivator yang terdiri dari lima orang ini memberikan pelatihan untuk tim motivator berhenti merokok Sumedang,” kata Agus Rasjidi, Kepala Dinkes Sumedang, Senin (16/5).

Peserta asal Sumedang terdiri dari perwakilan Puskesmas, Rumah Sakit serta perwakilan organisasi profesi di bidang kesehatan. “Selama tiga hari peserta akan dilatih oleh para motivator untuk bisa memberikan kembali motivasi kepada masyarakat agar bisa berhenti merokok,” katanya.

Rombongan dari Australia ini jumlahnya lima orang plus pendamping dan penerjemah dari Indonesia sebanyak lima orang. “Tim motivator asal Australia ini berasal dari foundation, organisasi non pemerintah yang sukarela datang ke Indonesia dan di Jawa Barat salah satu kota yang dituju adalah Sumedang,” katanya.

Sumedang dipilih menjadi sasaran kampanye anti merokok karena Sumedang sudah memiliki Perda Kawasan Tanpa Rokok, selain Kabupaten Bogor. “Sumedang dipilih karena meiliki regulasi, perda kawasan tanpa rokok,” katanya.