Lingkar Nagreg Berpengaruh Secara Signifikan Angka Kecelakaan Menurun

by -55 views

Lingkar Nagreg Berpengaruh Secara Signifikan Angka Kecelakaan Menurun

Jatinangorku.com – Korban kecelakaan lalu lintas selama musim mudik dan balik Lebaran 2011-2014 di kawasan Kec. Nagreg, Kab. Bandung, mengalami penurunan yang cukup signifikan. Berdasarkan data kasus korban laka lantas di Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Nagreg, tahun 2010 tercatat 167 kasus, 2012 (106 kasus), 2013 (53 kasus), dan tahun 2014 baru 5 kasus korban laka lantas. Menurut Kepala UPTD Yankes Nagreg, Iwan Rahmawan, S.K.M., M.M., berdasarkan evaluasi, penurunan kasus laka lantas itu setelah difungsikannya jalur Lingkar Nagreg.

“Dari 167 kasus, sebanyak 136 kasus laka lantas roda dua. Sisanya 31 kasus roda empat. Mereka menjalani perawatan di Puskesmas Nagreg,” katanya.

Uji coba

Pada 2011, menurutnya, jalur Lingkar Nagreg masih dalam tahap uji coba. Memasuki 2012, katanya, angka korban laka lantas mengalami penurunan, yaitu 106 kasus. Sebanyak 98 kasus roda dua dan sisanya roda empat.

“Pada saat itu, jalur Lingkar sudah digunakan 100 persen,” katanya.

Pada 2013, kata Iwan, tercatat 53 kasus korban laka lantas roda dua. “Tidak ada korban laka lantas roda empat. Penurunan kasus laka lantas yang ditangani di Puskesmas Nagreg turun 100 persen,” katanya.

Dikatakan Iwan, korban laka lantas di jalur Nagreg yang masuk Puskesmas Nagreg, sampai Kamis (24/7) baru 5 orang.

“Mereka korban laka lantas roda dua. Semuanya masih bisa ditangani di puskesmas ini karena menderita luka ringan,” katanya.

Menurutnya, minimnya data korban laka lantas yang masuk ke puskesmas, menunjukkan jalur mudik Nagreg lebih aman dan kondusif.

“Sebelumnya, banyak korban laka lantas yang masuk ke puskesmas karena bersenggolan dengan sesama pengendara sepeda motor. Selain itu, kendaraan roda dua ada yang tersenggol roda empat,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/