Longsor, Akses Jalan Cimalaka-Hariang Terputus

by -62 views
 
 

LONGSOR di Blok Cisuka Desa Kertaraharja Kec.Tanjungkerta Kab. Sumedang, menutup badan jalan. Akibatnya, akses Jalan Cimalaka-Hariang, sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (9/11/2017), terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Sumedang, H. Ayi Rusmana, mengatakan, longsor yang terjadi wilayah tersebut, dipicu terjadinya hujan deras yang berlangsung  cukup lama. Dalam kejadian itu, selain material tanah dan bantu, sejumlah rumpun bambu yang tumbuh di tebing jalan tersebut, ikut terseret longsor. 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kecuali itu, kendaraan dari kedua arah tidak bisa melintas ke lokasi,” kata Ayi.

Sambil menunggu bantuan alat berat yang didatangkan dari UPT Workshop Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab. Sumedang, untuk sementara arus kendaraan dari kedua arah, dipandung untuk menggunakan jalan alternatif, yang melewati Blok Bojongberod.

Hanya saja, karena jalan yang dilewati relatif kecil, setiap pengendara diimbau untuk berhati-hati. “Kami sudah berkoordinasi dengan Foum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, setempat, untuk melakukan penanganan dilapangan.  Kami pun berharap, bantuan alat berat segera tiba dilokasi, sehingga material longsor  bisa segera disingkirkan dari badan jalan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ayi menyebutkan, sejumlah titik longsor serupa, terdapat di Ruas Jalan Ciakar-Tanjungkerta. Setiap musim hujan, diwilayah tersebut, kerap terjadi longsor, hingga menyebabkan akses jalan terputus.

Menyikapi hal itu, dia  meminta masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut, untuk berhati-hati. Apalagi, disepanjang tebing jalan tersebut, terdapat rumpun bambu dan pohon yang sewaktu-waktu roboh terseret longsor. 

“Prinsipnya kita harus berhati-hati. Sebab sejauh ini, kita tidak bisa memprediksikan kapan longsor itu akan terjadi. Bahkan alangkah lebih bijak lagi, tidak melakukan perjalan di wilayah tersebut, pada saat terjadi hujan deras,” imbuhnya.

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com