LS Sinar Pusaka Jatinangor Wakili Jabar di Ajang Gelar Budaya di Kep. Riau

by -17 views
LS Sinar Pusaka Jatinangor Wakili Jabar di Ajang Gelar Budaya di Kep. Riau
LS Sinar Pusaka Jatinangor Wakili Jabar di Ajang Gelar Budaya di Kep. Riau

LS Sinar Pusaka Jatinangor Wakili Jabar di Ajang Gelar Budaya di Kep. Riau – Lingkung Seni (LS) Sinar Pusaka dari Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mendapat kehormatan untuk mewakili Jawa Barat pada ajang gelar budaya yang diselenggarakan BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Kepulauan Riau.

Salah seorang pengurus Lingkung Seni Sinar Pusaka Uus Kuswendi saat ditemui VISI.NEWS, Senin (16/11/2020) mengatakan, dengan terpilihnya Sinar Pusaka mewakili Jawa Barat di acara gelar budaya yang diselenggarakan BPNB Riau merupakan suatau kehormatan baginya.

“Ini suatu kehormatan bagi kami bisa menampilkan kesenian khas daerah kami, ini juga sebagai salah satu upaya kami memperkenalkan kesenian cikeruhan dan reak di kancah nasional,” ujar Uus.

Uus menambahkan, tampilannya nanti akan dilakukan secara daring yang direkam dalam durasi 7 menit dengan latar pengambilan gambar atau background tematik yang telah ditentukan. Hasil rekaman dikirim dalam bentuk soft copy dan akan disiarkan melalui saluran YouTube BPNB Kepulauan Riau.

“Melalui kegiatan ini kami dari Lingkung Seni Sinar Pusaka berusaha memperkenalkan kesenian tradisional khas daerah kami yaitu tari cikeruhan dan reak ke khalayak ramai melalui media daring,” imbuh Uus.

Uus megatakan Lingkung Seni Sinar Pusaka akan menampilkan tari cikeruhan yang dikolaborasikan dengan kesenian reak.

Dia menyebutkan, Sinar Pusaka merupakan salah satu komunitas yang mengakomodasi bakat seniman lokal yang mencintai dan peduli terhadap seni. Selain itu, Sinar Pusaka merupakan media untuk berekspresi dan berkaidah dengan nilai-nilai budaya yang bernilai tinggi.

Dalam rangka mendukung idealisme Ki Sunda, anggota Sinar Pusaka terus berupaya menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan merintis berbagai kegiatan. Sinar Pusaka sudah sering tampil di berbagai acara berskala besar, baik lokal, nasional, bahkan internasional.

 

Baca Juga :  Ridwan Kamil: Setelah Pandemi, Aset Lahan Jadi Kebun Pangan

 

Dalam penampilan tari cikeuruhan yang dikolaborasikan dengan seni reak nanti, kata Uus, para seniman yang terlibat yaitu lain Duyeh Wiranta Dirja sebagai pembina, Dede/ Daman Jaya sebagai ketua, Rohmat Kurniawan sebagai manajer, sutradara Asep Ganjar Wiresna, S.Sn, M.Sn., komposer Uus Kuswendi, Arranger Ridwan (Iwo), koreografer Fitri (Fier), syair/rumpaka Dede Ruhiat (Leor), dokumentasi Restu Anugrah Rismayadi, artistik Bahrudin (Dudu Jalu), dan koordinator pemusik Dani Setiawan.

Sementara para pemain, Yuliawati, Rera Dompet, Lugi Alfarizi, Budi Mulyana, M.Dendi Maulana (Uden), Doseng, Dani Setiawan, Iwo, Dede Ruhiat (Leor), Ganjar Taufik, Deni Permana (Mpet), Miftah, Dede Komarudin (Godeg), M. Taupik Rustandi, M Faridz, Acep Rohman, dan Ade.

Adapun waktunya kata Uus dari tanggal 23 – 26 November 2020 dengan tema “Harmoni Budaya Menuju Indonesia Bahagia”.

Kegiatan gebyar budaya ini pun diisi dengan seminar hasil penelitian BPNB se-Indonesia, pergelaran seni, pameran budaya, dan festival kuliner khas

 

 

 

Sumber : https://visi.news/