,

Lulusan FTIP Unpad ini, Kini Sukses Menjadi Pengusaha Laundry di Jatinangor

by
Lulusan FTIP Unpad ini, Kini Sukses Menjadi Pengusaha Laundry di Jatinangor
Lulusan FTIP Unpad ini, Kini Sukses Menjadi Pengusaha Laundry di Jatinangor

jatinangorku.com – Jatinangor merupakan kawasan pendidikan yang selalu memberikan cerita bagi setiap penghuninya. Jatinangor tidak hanya hanya sebagai kawasan hunian, namun juga menjelma sebagai kawasan bisnis.

Sandhy Seven Nova, itulah nama pengusaha Laundry dengan Brand MasterClink Laundry Express yang memulai bisnis laundry kiloan di tahun 2013, dan sekarang sudah mempunyai 4 outlet di Jatinangor dan Rancaekek.

Sandhy adalah Lulusan Fakultas Teknologi Industri Pertanian UNPAD. Menurut pengusaha muda yang beristrikan Dokter gigi yang juga lulusan UNPAD ini, total sudah ada 6 cabang  dan 5 partner yang ada dibawah binaan-nya.

Ditemui disela-sela kesibukannya, ia bercerita banyak tentang perjuangan usaha yang dijalani hingga sekarang. “Berkecimpung dalam dunia bisnis bukan merupakan hal yang baru bagi saya, karena sejak kecil sudah dibesarkan di lingkungan pengusaha di dalam keluarga .”

“Sejak kecil, insting bisnis saya sudah muncul, dimulai dari menjual hasil karya sticker yang dibikin sendiri, menjual botol bekas yang dihias, dan lainnya”, ujar Sandhy.

“Alhamdulillah saat ini bisa membesarkan jaringan bisnis dengan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan, baik dari lingkungan entrepeneur ataupun professional. Karena saat ini saya pun masih bekerja di salah satu perusahaan FMCG terbaik di Indonesia, sehingga untuk memanage bisnis laundry, baik dari Planning, Execution, Control,Monitoring, setting KPI (target) bisa lebih optimal.

Sandhy Seven Nova - Owner MasterClink Laundry
Sandhy Seven Nova – Owner MasterClink Laundry

Dengan kondisi masih bekerja, Sandhy harus meluangkan waktu sangat ekstra, untuk menangani semuanya agar maksimal.

“Terkadang ini yang suka dilewatkan oleh para pengusaha start up, terlalu buru-buru untuk “pasrah” pada karyawan. Bagaimanapun, jam terbang sangat dibutuhkan untuk memastikan semua berjalan dengan baik dan benar”.

“Selain kerja keras, kita juga harus kerja cerdas, dan bisa melihat peluang-peluang yang ada, dan berani action”, tutur Shandy.

“Sebagai contoh, tadinya bisnis saya hanya melayani laundry kiloan, tetapi seiring berjalannya waktu, saya mulai menambah layanan-layanan yang juga berpeluang dan jarang yang bisa mengerjakannya. Seperti : laundry karpet, stroler, springbed, sofa, sepatu, dan helm.”

1 2

“Mesin-mesin yang saya pakai pun sudah sangat professional, diantaranya menggunakan dryer sekelas Hotel, agar baju kering sempurna dengan cepat dan tidak kena debu, serta menggunakan setrika uap, agar pakaian pelanggan terhindar dari resiko gosong atau mengkilat bahan diakibatkan kena suhu yang terlalu tinggi jika menggunakan setrika listrik.”

“Master Clink Laundry memberikan garansi lamanya pengerjaan waktu laundry. Jika pakaian masuk hari ini, maka besok dipastikan selesai, tidak membutuhkan waktu 2-3 hari proses laundry pakaian seperti biasanya”, Sandhy menambahkan.

Sebagai seorang pengusaha, tentunya mempunyai visi masing-masing. Visi di MasterClink sendiri adalah “Bersih diri, Bersih Jiwa, Bersih Lingkungan”.

Sandhy menginginkan, dengan usaha laundry ini, kita selalu  bisa bermanfaat buat sesama. Salah satunya dengan menjaga kebersihan diri, jiwa (hati ), dan lingkungan sekitar.

Hal itu ia wujudkan melalu progam-progam. MasterClink meluncurkan program Gerakan Masjid menjadi Clink, yaitu mencuci alat shalat gratis untuk masjid dan mushola, serta memberikan diskon 50% untuk cuci karpet masjid. Tidak hanya itu, MasterClink memberi support Karbol & Pel Lantai untuk masjid atau mushola sekitar, setiap bulannya.

“Dengan program ini, harapannya agar masjid menjadi tempat yang sangat nyaman buat kita beribadah”.

“Untuk program bagi karyawan, MasterClink juga memberikan hadiah umroh untuk karyawan yang terbaik dan sudah bekerja 5 tahun”. .

Dia akhir obrolan, Sandhy memberikan pesan, “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, selalu berjuang, berusaha dan berdoa, jangan lupa perbaiki niat & visi-nya. Karena jika Niatnya sudah baik, hasil akhir rugi dan untung dalam bisnis itu sudah biasa”.

Instagram https://www.instagram.com/masterclink.laundry/