Lulusan Ikopin Jatinangor Banyak “Dibooking”

by -721 views


JATINANGOR (GM) – Menteri Koperasi dan Usaha Kredit Menengah (UKM), Dr. Syarief Hasan, M.M., M.B.A. mengaku bangga terhadap lulusan Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) karena sebelum menyelesikan studinya sudah banyak di-booking pelaku dunia kerja.

“Ini membanggakan, banyak lulusan sudah ditunggu untuk mengembangkan perkoperasian di Indonesia,” kata Syarif saat ditanya “GM” usai menghadiri sidang terbuka penerimaan 492 mahasiswa baru di kampus Ikopin, Jalan Raya Jatinangor, Kab. Sumedang, Kamis (30/8).

Menurut Syarif, keterbatasan dalam penyerapan tenaga kerja khususnya pada usaha formal, dapat dijawab para lulusan dalam mengembangkan kewirausahaan.

Selain itu, Ikopin dalam dua tahun ke depan diharapkan mampu mengangkat perkoperasian Indonesia. “Kita optimistis perkoperasian yang kini terpuruk bisa menggeliat, khususnya dua tahun mendatang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Menkop dan UKM menyatakan, berbagai program untuk membantu koperasi dan UKM salah satunya dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak perbankan.

“Produksi bisa meningkat dengan menekan biaya produksi hingga akan lebih menggeliat lagi. Terlebih pihak Ikopin telah melakukan kerja sama magang bagi para mahasiswanya,” tandas Syarif.

Sementara itu, Rektor Ikopin, Dr. (HC) Ir. Burhanudin Abdullah, M.A. mengatakan, dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM menjadi tantangan tersendiri bagi kalangan civitas Ikopin untuk lebih berkembang.

“Ini menjadi tantangan tersendiri, meskipun program magang terus akan dikembangkan, tidak hanya ke Jepang saja,” katanya.

(B.46)**