Madu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

by -29 views

Madu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jatinangorku.com – MADU sudah sejak lama dipercaya memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan.

Madu sendiri memiliki komponen kimia yang mempunyai efek koligemik yaitu asetilkolin. Zat ini membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Nadu yang kaya vitamin B1, B5, dan C; berkhasiat menurunkan kadar glukosa darah terutama pada penderita diabetes.

Madu membantu menyehatkan gigi dan gusi, membersihkan liver serta memperlancar buang air kecil. Madu juga membantu mencegah radang usus besar, maag dan tukak lambung. Madu mengandung asam asetat yang membantu mengobati infeksi pada lambung, sekaligus melindungi kolon dari luka-luka.

Selain itu, madu berkhasiat membantu perkembangan otak bayi, meningkatkan nafsu makan anak-anak, mengobati luka bakar, mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress dan membantu menjaga stamina ibu hamil.

Cairan dengan manis alami ini merupakan sumber zat gizi yang baik. Yakni sejumlah asupan penting bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik.

Pulihkan Tubuh dari Lelah

Selama ribuan tahun, madu dikenal sebagai cairan ajaib penyembuh berbagai penyakit, selain mempertahankan tubuh tetap sehat. Baru-baru ini ilmuwan membuktikan, madu menjaga daya tahan tubuh dan membantu memulihkan tubuh dari kelelahan.

Dr Richard Kreider, direktur Latihan universitas dan Laboratorium Nutrisi Olahraga, mengatakan, “Sejumlah penelitian telah dikhususkan mengenai karbohidrat sebagai nutrisi penting dalam ketahanan tubuh.”

“Sebagian besar penelitian sampai saat ini telah menunjukkan suplementasi dengan glukosa untuk memberikan daya tahan ekstra. Namun, kami sangat senang karena menemukan bahwa madu, koktail berbagai gula alami, berkhasiat sama baiknya,” ujarnya, dilansir dailymail.

Penelitian oleh University of Memphis, Tennessee, AS, menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi madu setelah olahraga memiliki tingkat kortisol yang rendah. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika otot-otot di bawah tekanan.

Temuan ini menunjukkan bahwa madu merupakan sumber energi yang baik dan ideal dikonsumsi usai kegiatan melelahkan. Karenanya, madu dianjurkan sebagai alternatif suplemen energi berbasis glukosa.

Ahli gizi menyarankan tidak mengkonsumsi asupan yang menyebabkan kadar gula darah naik terlalu cepat usai beraktivitas. Sebab hipoglikemia dapat menyebabkan mual, pusing dan pingsan. Sebaliknya, air madu lebih dianjurkan karena mampu menjaga kadar gula darah konstan

Sumber : http://www.suaramerdeka.com