Mahasiswa Unpad Jatinangor Dalami Seluk Beluk Kuda

by -99 views

 Upaya mempelajari ilmu ternak kuda yang mencakup budaya, budidaya, dan olahraga berkuda, Padjadjaran Equine Unit Fakultas Peternakan menggelar seminar Kompromi Kuda Indonesia di Bale Sawala Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Sabtu (29/9/18).

Ketua Umum Padjadjaran Equin Unit, Ilman Syahid mengatakan, Padjadjaran Equine Unit merupakan suatu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang didirikan pada tahun 2018 dan fokus terhadap kuda.

 

”Organisasi Padjadjaran Equine Unit memiliki tiga pilar yakni Budaya Kuda, Budidaya Kuda, dan Olahraga Kuda, dari tiga pilar itulah yang mendasari berbagai kegiatan di Equine,” sebutnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang kerap digagas di antaranya pemilihan kuda, latihan menunggang, magang anggota. Bahkan untuk magang sudah di beberapa stable terutama di Aragon Lembang.

”Masih banyak tempat lagi tempat yang sudah dilakukan magang oleh kita khusus di Jabar dan di luar Jabar,” ucapnya.

Menurutnya, proses perekrutan anggota, sebelum dikukuhkan terlebih dibina diberi pelajaran terkait tentang kuda.

”Termasuk hari ini kegiatan seminar yang kami harapkan terjadinya silaturahmi antara peminat, pencinta kuda dan kedepan bisa menghasilkan ide-ide berlian untuk mengasah kemampuan berkuda. Sehingga banyak lagi kuda-kuda Indonesia memiliki kualitas tinggi, Alhamdulillah Indonesia sudah memiliki kuda pacu asli Indonesia, kita sebagai penerus untuk bisa melestarikannya,” ucapnya.

 

 

 

Sumber : https://jabar.pojoksatu.id