Mahasiswa Yang Kost di Jatinangor Wajib Lapor

by -176 views


JATINANGOR (GM) – Jajaran Muspika Jatinangor, Kab. Sumedang, memberlakukan peraturan bagi penghuni kos baru, khususnya kalangan mahasiwa untuk wajib lapor pada RT serta RW di lingkungan mereka tinggal.

Demikian disampaikan Camat Jatinangor, Nandang Suparman, S.Sos., M.Si. kepada wartawan, usai halalbihalal di halaman kantor Kec. tan Jatinangor, Kab. Sumedang, Selasa (28/8).

Kegiatan dihadiri sejumlah tokoh dan unsur Muspika Kec. Jatinangor, juga Kepala KUA Jatinangor H. Asep Syarief dan Kapolsek Jatinangor AKP Rikky A.S. Acara juga diisi tausiah oleh K.H. Asep Fuad S.Th.I. (KBIH Multazam Kab. Sumedang).

Menurut Nandang, pasca-Lebaran, kaum urban, khususnya mahasiswa baru yang kuliah di kampus Unpad Jatinangor berjumlah sekitar 8.000 orang. “Rata-rata mahasiswa baru yang kos di Jatinangor. Tentunya setiap mahasiswa baru yang kos wajib lapor ke pengurus RW setempat,” katanya.

Nandang juga menyatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan setiap kepala desa dan kepala dusun untuk mendata tempat kos. “Kita akan bekerja sama dengan kepala desa dan kepala dusun untuk diteruskan ke masing-masing RW,” jelasnya.

Disebutkan, urbanisasi yang pesat saat musim mudik berakhir biasanya disebabkan dua hal, yakni pendorong dari daerah asal dan penarik di daerah tujuan.

Warga yang bisa mudik ke kampung halaman terkesan sebagai orang yang sukses di perantauan. Sehingga menjadi magnet bagi warga lainnya yang mengikuti jejaknya. “Itulah alasan warga di Jatinangor bertambah setiap tahunnya,” kata Nandang.

Dibandingkan daerah lainnya, urbanisasi di Jatinangor belum terlalu parah. Mengingat kekerabatan dan budaya malu menjadi penghambat berkembangnya arus urbanisasi di Jatinangor. “Di Jatinangor terdapat pabrik-pabrik besar, namun tidak ada lonjakan besar penduduk,” katanya.

sumber : http://klik-galamedia.com/mahasiswa-kos-wajib-lapor