Main Ponsel Saat Makan Bikin Tidak Bahagia

by -77 views

SERINGKALI ketika kita sedang makan bersama dengan keluarga ataupun teman, kita lebih memilih untuk menatap layar ponsel. Kita tidak peduli pada orang yang ada di hadapan kita.

Tentu Anda tahu bahwa hal ini tidaklah sopan. Namun, apakah Anda tahu bahwa perilaku seperti ini juga bisa memicu rasa tidak bahagia?

Dikutip dari Time.com, penggunaan ponsel bisa menurunkan tingkat kenikmatan selama makan. Ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan dua peneliti asal University of British Columbia, Elizabeth Dunn dan Ryan Dwyer.

Keberadaan ponsel di atas meja makan akan mengganggu dan membuat Anda kurang bersosialisasi. Hal ini akan berdampak pada penurunan tingkat kenikmatan sebanyak setengah poin dari skala tujuh poin.

“Perbedaan yang sangat kecil yang disebabkan oleh ponsel membuat Anda dengan mudah mengabaikannya. Padahal ponsel telah mengubah pengalaman Anda dalam berinteraksi sosial secara halus,” kata Dunn menjelaskan.

Penelitian yang dilakukan Dunn dan Dwyer meminta 300 orang untuk pergi makan malam bersama teman atau keluarga. Namun, para responden tidak diberi tahu tujuan dari penelitian ini.

Main ponsel atau mengobrol

Setengah dari responden diminta untuk menyimpan ponselnya di atas meja dengan alasan mereka akan menerima beberapa pertanyaan. Sementara setengahnya lagi diminta untuk menjauhkan ponsel mereka dengan alasan pertanyaan harus dijawab di atas kertas.

Setelah makan malam selesai, kedua kelompok responden menjawab pertanyaan dari peneliti. Pertanyaan-pertanyaan tersebut terkait kenikmatan makan, penggunaan ponsel, dan pengalaman makan mereka secara keseluruhan.

Tingkat kenikmatan yang rendah cenderung dirasakan oleh kelompok yang diminta menaruh ponselnya di atas meja. Mereka menggunakan ponselnyarata-rata selama 11 persen dari waktu makannya.

Dalam percobaan kedua, peneliti mengirimkan pertanyaan survei kepada lebih dari 100 orang. Pertanyaan ini dikirimkan sebanyak lima kali sehari selama seminggu.

Peneliti menanyakan perasaan emosional para responden dan apa yang telah mereka lakukan 15 menit yang lalu. Hasilnya, responden yang mengobrol dengan orang sambil memegang ponselnya cenderung tidak menikmati obrolannya tersebut.

Jauhkan ponsel

Untuk bisa lepas dari teknologi memang sangat sulit. “Penggunaan ponsel memang bisa menjadi kebiasaan. Anda terbiasa memeriksa ponsel dan mencari pemberitahuan baru,” kata Dwyer.

Dwyer mengatakan hal ini dapat diatasi dengan membuat peraturan untuk diri Anda sendiri. Contohnya, Anda harus mengatur ponsel dalam mode ‘diam’ dan menjauhkannya dari meja makan. Lakukan peraturan ini terus menerus sehingga menjadi sebuah kebiasaan baru.

“Penggunaan ponsel itu bisa menular. Orang akan cenderung memeriksa ponselnya setelah melihat orang lain juga asik menggunakan ponselnya. Ini memungkinkan adanya efek domino,” kata Dwyer.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk menjauhkan ponsel ketika makan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menciptakan efek domino yang positif bagi orang lain.

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com