Makanan Penyebab Penyakit Maag yang Harus Dibatasi

by -70 views
Jatinangorku.com – Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang diteliti para ahli Otolaringologi (ahli penyakit telinga hidung tenggorokan) dari New York.
1. Cokelat
Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, yang dapat berpengaruh pada kadar asam lambung.
2. Minuman bersoda
Minuman bersoda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan lambung. Minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung.
3. Makanan yang digoreng
Aneka makanan yang digoreng bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya tinggi. Makan gorengan berlebih kerap menimbulkan gangguan heartburn, atau rasa nyeri di ulu hati.
4. Minuman beralkohol
Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.
5. Produk olahan susu tinggi lemak
Aneka produk olahan susu sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya batasi konsumsi mentega atau susu tinggi lemak. Hentikan jika sudah mengalami gangguan lambung.
6. Daging berlemak
Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung.
7. Kafein
Kebiasaan minum kopi berlebih setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. (rey)
Tingkatan Penyakit Maag
1. Maag ringan
Maag tergolong ringan ditandai rasa tidak enak di ulu hati, perut kembung, perih, dan mual
2. Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri serta mual yang menyakitkan
3. Maag kronis
Maag kronis sudah parah intensitasnya dibandingkan maag sedang, kemungkinan telah terjadi peradangan atau luka pada mukosa lambung
4. Maag Akut
Dapat terjadi karena terdapat borok, infeksi pada lambung, maupun infeksi mikroorganisme merugikan yaitu Helycobacter pylori
5. Kanker lambung
Ini sudah merupakan tahap yang sangat berbahaya dan perlu segera mendapatkan penanganan medis

 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/