Manfaat Pangan Sesuai Usia

by -47 views
Jatinangorku.com – Ahli Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) dr Louisa A Langi MSi MA menjelaskan, pengenalan dan pemahaman tri guna pangan kepada anak-anak dapat dilakukan menggunakan beragam media seperti gambar animasi maupun info grafis dengan gambar-gambar menarik.
“Tentu penyampaian tri guna pangan ini harus disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman anak-anak. Paling penting tujuannya dapat tersampaikan, yaitu agar anak-anak lebih tahu fungsi makan dan nantinya selektif memilih jenis makanan,” 
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FK UKI ini lalu memberi ilustrasi piramina gizi untuk menjelaskan tri guna pangan. Di dalam piramida tersebut antara lain digambarkan tiga bagian inti dari tri guna pangan. Di bagian bawah yaitu karbohidrat sebagai zat makanan yang dibutuhkan untuk memberikan tenaga atau energi pada tubuh.
Di tengah piramida ada vitamin dan mineral yang berperan sebagai mengatur metabolism tubuh dan pelindung tubuh agar tidak mudah sakit.
Sedangkan di bagian atas piramida ada zat protein yang berfungsi penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh. Ada dua jenis protein yang dikenal, yaitu protein hewani (sumber makanan dari hewan) dan protein nabati (sumber makanan dari tumbuhan).
“Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak delapan gelas sehari. Pengaturannya bisa pagi hari, pada jam istirahat sekolah, pulang sekolah, sore, dan malam hari. Minum air putih cukup sangat penting untuk membantu melarutkan vitamin dan gizi agar dapat diolah organ tubuh lain, diserap, dan disalurkan ke seluruh tubuh,” jelasnya.
Area Manager Pizza Hut Bandung Rochzany menjelaskan, dalam kegiatan ini pihak manajemen mengajak puluhan anak praktik langsung membuat pizza. Sebelum itu anak-anak lebih dulu diberi tahu apa saja kandungan bahan makanan bergizi yang ada di dalam sebuah pizza.
“Sebelum praktik membuat pizza di dapur kami, anak-anak juga kami ajarkan mencuci tangan yang benar sebelum dan sesudah beraktivitas. Semoga ini dapat menjadi kebiasaan positif mereka untuk selalu menjaga kesehatan,” terangnya. (ricky reynald yulman)
Tri Guna (Tiga Manfaat) Pangan:
Zat Tenaga-Karbohidrat
Sebagai sumber energi/tenaga utama yang penting bagi tubuh
Terdapat pada nasi, beras merah, singkong, kentang, gandum
Zat Pengatur
Vitamin berfungsi untuk memperlancar metabolism tubuh dan sel
Mineral sebagai komponen yang turut serta membangun struktur tubuh, sel, dan ikut memperlancar proses metabolisme di dalam sel
Zat Pembangun-Protein
Dibutuhkan untuk membangun sel dan jaringan tubuh
Protein hewani diperoleh dari daging sapi, ikan, ayam, telur
Protein nabati didapat dari tempe, tahu, brokoli, alpukat, oat
Air Putih
Berperan penting melarutkan vitamin dan gizi agar lebih mudah diserap tubuh