Manfaat sayur wortel

by -61 views

Manfaat sayur wortel

Jatinangorku.com – Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang, mengandung vitamin A yang tinggi. Wortel/carrot termasuk tumbuhan sayur dalam famili Apiaceae, termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya renyah. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), dan mirip dengan daun seledri.

Jenis-jenis wortel:

  1. Jenis imperator, yaitu wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.
  2. Jenis chantenang, yaitu wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis.
  3. Jenis mantes, yaitu wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.

Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan beta karoten. Wortel paling banyak mengandung beta karoten, rata – rata 12.000 IU. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi wortel 15.000 – 25.000 IU perhari, karena kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, bersifat antioksidan yang melawan kerja destruktif sel – sel kanker. Disamping itu, beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Wortel bagi kesehatan:

  1. Mengatasi hipertensi: Ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang dan diblender. Saring dan minum airnya 3 kali dalam sehari.
  2. Mengatasi luka bakar: Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
  3. Mengatasi nyeri haid: 250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air dan diblender. Minum 2 kali dalam sehari.
  4. Menghaluskan wajah: Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker sampai kering, lalu dibilas dengan air bersih.
  5. Mengatasi sembelit: Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
  6. Mengatasi demam pada anak: Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
  7. Menyembuhkan batuk: Ambil 1 wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Beta karoten dalam wortel juga baik untuk kesehatan mata, karena dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang disebut vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Wortel mentah atau dimasak merupakan sumber kalium dan vitamin C.

Wortel juga dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus wortel. Jus wortel yang dicampur dengan susu juga merupakan vitamin A ideal untuk bayi. Jus wortel cocok dicampur dengan jus buah lainnya. Dengan minum jus wortel, gangguan sakit-sakit di usia tua dapat berkurang dan mungkin akan sembuh.

Sumber : http://lembarankisahimpian.blogspot.com