Mantan Gubernur Jabar: Lansia Jangan Kalah dengan “Kids Zaman Now”

by -128 views

KETUA Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Jawa Barat, HR Nuriana meminta, para lansia dapat terus berperan aktif dan berkontribusi terhadap berbagai pelaksanaan program pembangunan. Sehingga keberadaan lansia itu, jangan sampai kalah dengan pemuda jaman now. Salah satu kontribusi yang dapat dilakukan, diantaranya dengan melaksanakan Program Nyaah Ka kolot (NKK).

Hal itu, disampaikan Nuriana, pada kegiatan Pelantikan Kepengurusan LLI Kabupaten Sumedang, Periode 2017-2022 di Gedung Negara, Rabu (17/1/2018).

Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut menjelaskan, Program “Nyaah Ka Kolot” (NKK), merupakan program yang dijalankan dalam bentuk benah SDM (sumber daya manusia) lansia, benah lingkungan, benah imah, benah usaha dan benah majlis taklim lansia. Program tersebut melibatkan masyarakat dan juga pemerintah secara terpadu dan berkesinambungan

Pada kesempatan itu, Nuriana mengatakan, untuk mendukung eksistensi harus ada program nyata untuk mensejahterakan lansia, agar mereka tetap sehat, berguna, mandiri sampai akhir hayatnya. Dengan begitu, mereka tetap eksis, dan di masa tuanya, mereka tidak menyusahkan keluarga. 
“Tujuan dari Program Nya’ah Ka Kolot adalah untuk meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, penghormatan dan juga penghormatan kepada para lansia sekaligus melestarikan nilai-nilai agama dan juga budaya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan mengatakan, program NKK tersebut dinilai penting. Pasalnya program tersebut adalah salah satu upaya peningkatan kesejahteraan sosial para lanjut usia. Hal itu agar mereka tetap dapat diberdayakan. Sehingga mereka mampu berperan dalam kegiatan pembangunan, dengan memperhatikan fungsi, kearifan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, pengalaman, usia dan kondisi fisiknya.

“Para lansia adalah bagian dari masyarakat yang harus difasilitasi. Karena pemikiran dan pengalaman mereka, masih bisa disumbangkan untuk melaksanakan prgram pembangunan,” katanya.

“Mudah-mudahan, para anggota lansia bisa memberikan kontribusinya untuk kemajuan Sumedang. Lanjut usia bukan berarti harus berhenti beraktifitas,” ujar.

 

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com/