Mapancas Ancam Demo ke Pemkab

by -50 views

Mapancas Ancam Demo ke Pemkab

Jatinangorku.com – Sejumlah Mahasiswa Pemuda Pancasila (Mapancas) Jatinangor mengancam akan menggelar unjuk rasa ke Pemkab Sumedang, dalam waktu dekat. Ancaman ini seiring kurang pedulinya Pemkab Sumedang terhadap masalah lingkungan di kawasan Jatinangor.

Ketua Mapancas, Obi Rohiman mengatakan, dampak pembangunan di wilayah Jatinangor menyebabkan kerusakan lingkungan. Bahkan ia menilai pada tahun yang akan datang, kerusakan akan lebih parah.

“Pembangunan di Jatinangor sudah melanggar aturan dan merusak lingkungan. Seperti pembuatan sumur artesis, pembuatan paku bumi, dan pembangunan di area lingkungan hijau. Kami menilai semua itu akan berdampak pada kerusakan,” kata Obi kepada “GM” di Jatinangor, Rabu (20/8).

Menurutnya, jika masyarakat sudah terkena dampaknya, maka dikhawatirkan para investor lupa dan tidak peduli pada lingkungan di Jatinangor.

Padahal mereka sudah menanam saham dan mencari keuntungan di Jatinangor. Untuk itu, ia mengajak sejumlah LSM agar ikut mengkritisi.

“Pembangunan di satu sisi memang berdampak positif. Tapi di sisi lain ada dampak negatifnya. Seperti banjir, longsor, dan kekurangan air. Untuk itu, kami mohon kepada pemkab agar memperhatikan persoalan lingkungan ini,” katanya.

Saat ini, di kawasan pendidikan tersebut ada beberapa pembangunan perumahan dan apartemen. Bahkan sejumlah warga mengeluhkan pembangunan yang terus dilakukan.

Maraknya pembangunan juga berdampak pada minimnya ketersediaan air bersih. Sebab lokasi tersebut membutuhkan air bersih dengan volume banyak untuk penghuninya.

“Sehingga tak menutup kemungkinan pasokan air bersih di Jatinangor akan semakin menurun,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/