Masalah Jatigede Dibutuh Rp 500 Juta untuk Beli Materai

by -59 views

Jatinangorku.com – Sedikitnya dibutuhkan anggaran sebesar Rp.500 juta untuk membeli materai yang akan dipakai untuk membuat berita acara pemindahan lebih dari 23.800 makam di wilayah genangan Waduk Jatigede Kab.Sumedang.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Badan Lingkungan Hidup Kab.Sumedang, H.Ayuh Hidayat, Kamis (6/8/2015) di ruang kerjanya, mengatakan, untuk membuat berita acara pemindahan makan dari wilayah genangan masing-masing membutuhkan 4 buah materai.

Sehingga jika dikalkulasikan dengan jumlah makam yang harus dipindahkan ke tempat lain, maka anggaran yang dibutuhkan untuk membeli materai mencapai kisaran Rp. 500 juta.

“Angka itu, masih taksiran kasar. Mengingat saat ini, kami sedang melakukan verifikasi keberadaan makan, yang harus dipindahkan,” katanya.

Menurutnya, data atau jumlah makam sebanyak itu, diperoleh dari hasil laporan pemerintah kecamatan yang berada diwilayah genangan Waduk Jatigede.

Karena itu, karena pemindahan makam tersebut, menyangkut penggunaan anggaran yang harus dipertanggungjawabkan, maka pihaknya harus bisa memastikan keberadaan makam yang sebenarnya dilapangan.

Sumber : http://www.galamedianews.com/