Masjid Raya Jabar Siapkan 2.000 Takjil Setiap Hari

by -61 views

Jatinangorku.com – Masjid Raya Jawa Barat menyiapkan ribuan takjil yang dibagikan kepada masyarakat setiap hari. Makanan dan minuman disediakan untuk menjamu umat muslim yang akan berbuka puasa.

“Kami menyiapkan 1.000-2.000 porsi takjil selama bulan Ramadan,” ujar Sekretaris DKM Masjid Raya Jabar Aos Sutisna kepada wartawan, Kamis (18/6/2015).

Dia menjelaskan, takjil tersebut berupa makanan ringan, kurma dan minuman. Meski tak mewah namun pembagian takjil gratis ini disebutnya akan sangat membantu masyarakat yang menunaikan ibadah puasa.

Dituturkannya, dana pengadaan takjil bersumber dari para donatur. Mereka ikhlas membiayai pengadaan takjil demi mendapatkan keberkahan.

Pengadaan takjil juga berasal dari para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar. Mulai dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dan sejumlah kepala dinas.

“Pak Gubernur menyumbang takjil untuk hari pertama puasa,” katanya.

Selain sibuk pengadaan takjil, para pengurus Masjid Raya Jabar juga mengadakan sejumlah kegiatan untuk mengisi Ramadan seperti Salat Tarawih berjamaan, kajian tafsir Alquran dan pesantren Ramadan.

Pihaknya sengaja memperbanyak kegiatan bernuansa Islam demi mendorong umat untuk meningkatkan kegiatan ibadah di bulan suci.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengajak umat muslim untuk meningkatkan ibadah selama Ramadan. Memperbanyak kegiatan ibadah jauh lebih baik dibandingkan hanya sibuk meningkatkan konsumsi.

“Lebih baik meningkatkan ibadah, daripada meningkatkan konsumsi yang justru malah akan mendorong kenaikan harga kebutuhan pokok,” ucapnya.

Menurutnya, umat muslim juga mesti memperbanyak sedekah kepada kaum duafa. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika sedekah tersebut bersifat produktif.

“Sedekahnya harus yang produktif, seperti memberikan bantuan permodalan supaya menjadi wirausaha,” pungkasnya.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/