Massa Minta Pemkab Bongkar Gedung IPP

by -64 views

Massa Minta Pemkab Bongkar Gedung IPP

Jatinangorku.com – Massa yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) mendatangi Gedung Induk Pusat Pemerintah­an Kab. Sumedang, di Jalan Raya Prabu Gajah Agung, Senin (12/5). Mereka mendesak Pemkab Sumedang secepatnya membongkar bangunan tanpa izin, yang selama ini dijadikan tempat ibadah, di Desa Mekarga­lih, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang.

Tokoh agama di Kec. Jatinangor, yang juga pim­pinan salah satu pondok pesantren, K.H. Abdul Kohar dalam orasinya menegaskan, Pengadilan Negeri (PN) Sumedang pada tahun 2011 lalu telah menyatakan, bangunan itu, yang melanggar hukum. Namun faktanya hingga kini bangunan liar tersebut masih tetap berdiri dan dijadikan sebagai tempat ibadat. 

“Bahwa putusan PN Sumedang tersebut juga telah membawa konsekuensi hukum kepada Pemkab Sumedang untuk menegakkan hukum. Dan atas nama hukum maka bangunan liar itu harus dirobohkan dan atau dihancurkan alias diratakan dengan tanah,” katanya.

Massa FPI tersebut sempat bersitegang dengan aparat keamanan dari Polres Sumedang. Bahkan, aksi saling dorong di antara mereka tidak bisa terelakkan, ketika massa FPI berusaha masuk ke Gedung IPP.

Diterima bupati

Perwakilan massa FPI akhirnya diterima Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si. yang baru pulang menyambut Kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Gedung Negara.

Pada saat beraudiensi, Bupati menegaskan kalau pihak Pemkab Sumedang siap menampung aspirasi yang disampaikan massa FPI dan akan langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan. “Rencananya Kamis kami akan cek ke lapangan. Setelah itu baru, dilakukan tindakan,” terangnya.

Sementara pihak Pemkab Sumedang melalui surat tertanggal 8 Mei yang ditandatangani Sekda Sume­dang, H. Zaenal Alimin sebenarnya telah menegaskan, bangunan liar itu belum memiliki izin sesuai dengan ketentuan perundangan undangan. Dan apabila tempat tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadat, sesuai dengan pasal 96 ayat (2) Perda Kabupaten Sumedang Nomor 15 Tahun 2011 tentang bangunan gedung, bangunan tersebut akan dibongkar.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/