Mau ke Dokter? Baca Tips Berikut Ini Agar Mendapat Pelayanan Optimal

by -43 views

Mau ke Dokter? Baca Tips Berikut Ini Agar Mendapat Pelayanan Optimal

Mau ke Dokter Baca Tips Berikut Ini Agar Mendapat Pelayanan Optimal

Jatinangorku.com – Saat mengunjungi dokter Anda umumnya Anda hanya akan menceritakan apa gejala yang Anda alami, dan dokter Anda akan memberi resep obat sesuai dengan gejala Anda dan diagnosanya. Terkadang dokter juga hanya terpaku pada checklist yang dia miliki dan membuat Anda melakukan rangkaian tes atau perawatan yang sebenarnya tidak perlu atau menambah pengeluaran Anda. Namun, sebenarnya Anda dapat memperoleh lebih dari itu. Cobalah tips berikut ini untuk mendapatkan pelayanan dokter yang lebih optimal, seperti dilansir womenshealthmag.com.

Bersikeras menceritakan cerita Anda

Menurut penelitian, 80% diagnosa dokter hanya didasarkan pada gejala yang Anda alami karena dokter tidak punya banyak waktu untuk mendengar cerita Anda. Pastikan Anda menceritakan semuanya dan bukan hanya gejala yang Anda alami dengan jelas pada dokter Anda. Kapan Anda mulai merasakan gejala itu, apa yang Anda lakukan terhadap sakit yang Anda alami, dan jelaskan bagaimana rasanya. Sebaiknya Anda membuat catatan kecil sebelum ke dokter untuk memastikan tidak ada informasi yang terlewat.

Berikan jawaban panjang terhadap pertanyaan dokter

Jika dokter Anda menggunakan pertanyaan yang hanya memerlukan jawaban pendek atau ya/tidak, tambahkan penjelasan pada jawaban Anda. Cobalah untuk menjelaskan apa yang terjadi pada Anda selengkap-lengkapnya.

Tanyakan diagnosa Anda

Dokter umumnya akan langsung membuatkan resep obat atau merujuk Anda untuk melakukan tes tertentu tanpa memberi banyak informasi pada Anda. Tanyakan mengapa Anda harus mendapat obat yang dia resepkan atau mengapa Anda harus melakukan tes yang dia rujukan. Tanyakan juga apa yang harus dilakukan setelah mendapat hasil dari tes yang Anda jalani. Pastikan Anda tahu apa diagnosa awal dokter terhadap Anda.

Tanyakan pilihan dari jenis perawatan

Jika Dokter Anda menyuruh Anda untuk melakukan suatu rangkaian tes atau perawatan khusus, jangan lupa tanyakan apa ada pilihan perawatan lain yang bisa Anda jalani, diskusikan dengan dokter Anda apa yang nyaman bagi Anda. Meskipun pada kasus tertentu mungkin tidak ada pilihan untuk Anda.

Buatlah dokter Anda tahu bahwa Anda juga ingin mengerti tentang penyakit yang Anda rasakan

Jika Anda masih merasa dokter Anda hanya menjalankan protokol dan checklist yang dia miliki untuk melayani Anda. Anda dapat memintanya untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada Anda dan apa yang ada di pikirannya. Buatlah dia terfokus pada pelayanan secara individu terhadap Anda.

Sumber : http://www.vemale.com/