May Day, Ribuan Buruh Siap Demo di Gedung Sate Besok, Tuntutannya Ini

by -74 views

Ribuan pekerja akan berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa memperingati hari buruh alias May Day di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (1/5/2018).

Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja akan berpartisipasi dalam aksi ini.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat, Roy Jinto, mengatakan bahwa aksi akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

 

“Titik kumpul di Monumen Perjuangan sekitar pukul 10.00 WIB, kemudian long march ke Gasibu. Kemungkinan aksi berlangsung sampai pukul 17.00 WIB,” ujarnya ketika dihubungi melalui telepon, Senin (30/4/2018).

Dalam aksi tersebut gabungan kelompok pekerja tersebut akan membawa tuntutan isu lama dan beberapa isu baru.

 

Isu baru yang menjadi tuntutan adalah soal peraturan tenaga kerja asing dan penolakan revisi Undang-undang nomor 13 tahun 2003.

“Tuntutannya masih isu lama, soal PP 78 tahun 2015, penolakan outsourcing, tentang kontrak PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), perbaikan BPJS. Selain itu, kami menambah isu baru semisal Perpres 20/2018 dan Penolakan Revisi Undang-undang no.13 tahun 2003,” ujarnya.

 

Isu yang dibawa atau menjadi tuntutan pada aksi May Day di Jakarta, secara umum sama dengan di Jawa Barat.

Hanya saja, kata Roy Jinto, pada aksi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan membawa beberapa isu lokal.

Untuk Jawa Barat, isu yang akan menjadi tuntutan massa aksi adalah soal Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) dan pengawasan terhadap perusahaan yang melanggar peraturan upah minimum.

“Karena selama ini penetapan UMSK bermasalah, Gubernur belum menetapkan upah minium sektoral, ada persoalan secara teknis menurut kami . Ini harus dibuat regulasi khusus agar satu sistem mekanisme penetapan UMSK,” ujarnya.

Selain menggelar aksi di depan Gedung Sate, kata Roy, KSPSI juga mengirim sekira 5000 orang ke Jakarta untuk ikut beraksi bersama kelompok pekerja dari Provinsi DKI Jakarta dan Banten di depan Istana Negara.

 

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/