Melalui PPM Prioritas, Unpad Lakukan Pendampingan bagi Warga Jatinangor Ikuti Kejar Paket C

by -82 views

Jatinangorku.com – Universitas Padjadjaran melalui Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Prioritas Unpad Tahun 2015 dengan melakukan pendampingan Ujian Nasional (UN) Program Kejar Paket C SMU Al Qurtubi di Desa Jatimukti, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, pada bulan Februari hingga Juni 2015.

“Tingkat pemahaman materi Program Kejar Paket C dapat dipandang masih rendah sehingga kesiapan warga belajar untuk menghadapi UN sehingga perlu ditingkatkan dan dibantu,” tulis Diah melalui rilisnya.Dr. Diah Chaerani, M.Si., dosen program studi Matematika FMIPA Unpad mengungkapkan, kegiatan PPM ini dilaksanakan kegiatan guna mendukung pencapaian tujuan Upaya Peningkatan Partisipasi dan Penyelesaian Sekolah Dasar dan Menengah di Pedesaan Jawa Barat. Pendampingan terhadap Program Kejar Paket C di Desa Jatimukti dipilih karena kelompok ini merupakan kelompok satu-satunya penyelenggara Program Kejar Paket C untuk Kecamatan Jatinangor.

Menurut Diah, program ini terbagi menjadi 3 tahap, yakni Pemantapan Materi Ujian Nasional yang dilaksanakan pada 25 Maret-10 April lalu; Peninjauan UN Program Paket C pada 13-16 April 2015, serta Evaluasi hasil UN pada Bulan Mei-Juni 2015 setelah hasil UN Program Kejar Paket tersebut keluar.

Adapun kegiatan yang dilakukan mulai dari pemberian pemantapan persiapan UN yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, dan Geografi, pengumpulan data naskah ujian Kejar Paket C, hingga pemantauan hasil UN dan melakukan evaluasi kegiatan.

“Kita juga memberikan bantuan sarana/prasarana dan biaya penunjang Ujian Nasional,” kata Dr. Diah yang juga sebagai ketua tim PPM Prioritas Unpad.

Tim ini beranggotakan dosen FMIPA Unpad, antara lain Dr. Dikdik Kurnia, M.Sc, Dr. Lusi Safriani, M.Si., Dr. Stanley P Dewanto, M.Pd., Dr. Euis Julaeha, M.Si., Budi Irawan, M.Si., Firdaniza, M.Si., Anna Chadidjah, M.Si., dan Dianne Amor Kusuma, M.Pd. Tim juga melibatkan mitra dari Dinas Pendidikan di lingkungan Kabupaten Sumedang dan Jatinangor, Kepala Desa Jatimukti, dan koordinator kelompok Kejar Paket C.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, PPM Prioritas ini merupakan kegiatan lanjutan dari PPM Prioritas 2014yang merupakan suatu upaya peningkatan partisipasi penyelesaian Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah di Pedesaan Jawa Barat. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasio Angka Partisipasi Murni (ATM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK)Pedesaan di Jawa Barat.

“Kegiatan ini sebaiknya direncanakan untuk jangka panjang, untuk melihat keberhasilan pendampingan pada kelompok belajar penyelenggara Program Kejar Paket, mengingat para peserta paket baru bisa mengikuti ujian setelah mengikuti program selama 3 tahun,” ungkap Dr. Diah.*

Sumber : http://www.unpad.ac.id/