Melalui Warung, Jaringan Narkoba Sasar Pelajar SD dan Taman Kanak-Kanak

by -14 views

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso juga menyoroti adanya warung-warung penjual jajanan makanan atau minuman yang terkontaminasi narkotika dan sasarannya adalah siswa TK mau pun SD.

Menurut Buwas sapaan akrabnya, warung-warung tersebut didanai oleh 72 jaringan mafia narkoba di Indonesia dalam rangka meregenerasi pangsa pasar.

“Mereka ini kan berdagang. Nah saat ini pengguna narkoba sudah mulai habis karena kerusakan organ dalam dan sel otak. Sehingga umurnya pendek,” ujar dia usai memberikan ceramah umum kepada ratusan Praja IPDN di Kampus IPDN Jatinangor, Jumat (16/12).

Saat ini, lanjut dia, siswa TK/SD dijadikan sasaran berikutnya untuk mempertahankan pangsa pasar di Indonesia. Bahkan, jaringan narkoba tersebut nekat mendanai warung-warung tersebut secara gratis.

“Sudah ada temuan di beberapa sekolah, bahkan dari Mendikbud sudah ditangani BPOM juga,” kata dia.

Buwas mengimbau agar orangtua dan guru terus menerus melakukan pengawasan kepada anak mau pun siswanya. Termasuk dari dinas pengawas provinsi hingga kabupaten/kota untuk meningkatkan pengawasan di wilayahnya masing-masing.

Pasalnya, lanjut Buwas, peredaran narkoba melalui jajanan makanan atau minuman di warung-warung tersebut hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia