Melestarikan Budaya, “Bandung CreACTive” Gelar Festival Kaulinan Barudak dan Festival Layang-Layang

by -70 views


 

JATINANGOR (23/5)

Humas A 2009 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Bandung Creative City Forum (BCCF) dan didukung penuh oleh Pemerintahan Kota Bandung serta Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menggelar sebuah event berkonten seni-budaya bertajuk, “Bandung CreACTive : Road To Kampung Kreatif  2012” yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 9 Juni 2012 bertempat di Kampung Dago Pojok dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Acara ini memiliki dua konten utama yaitu, Festival Kaulinan Barudak dan Festival Layang-Layang. Dimana untuk melengkapi event ini, diselenggarakan pula Pentas Seni Budaya sebagai bentuk apresiasi kami terhadap kegiatan seni dan budaya yang sudah dilakukan para pegiat seni di Kota Bandung. Dimeriahkan oleh penampilan dari Saung Angklung Udjo, Rumah Musik Harry Roesli (RMHR), Karinding Riot dan Penampilan Seni Kampung Kreatif. Kegiatan Bandung CreACTive merupakan salah satu kegiatan pendukung  dari program ”Kampung Kreatif” dimana ini merupakan implementasi dari program “Akupunktur Kota” yang bertujan sebagai pemberdayaan kreatifitas warga kampung-kampung urban di kota dimana hal ini akan membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat di kota Bandung.

Festival Kaulinan Barudak yang akan diadakan dalam event ini bertujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional Jawa Barat yang merupakan warisan budaya yang menarik dan bermanfaat bagi perkembangan anak-anak. Konten acara ini akan dilengkapi dengan dua area utama, yang pertama adalah Area Bermain dan Area Pameran. Sedangkan Festival Layang-Layang merupakan kompetisi pengekspresian  ragam kreatifitas melalui salah satu kegiatan permainan yang mungkin sudah dianggap kuno namun tetap menarik.

 

Untuk melengkapi rangkaian event, Bandung CreACTive juga menggelar pentas seni budaya dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional yang ditawarkan kampung-kampung kreatif dan juga penampilan seni dari musisi tradisional Bandung yang terdapat di Area Stage.

Tidak hanya itu, Bandung CreACTive memiliki Area Bazaar, dimana pada area ini akan dipamerkan berbagai kreasi industri-industri kreatif dan juga kuliner khas Kampung Kreatif yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung.

Besar harapan kami selaku pihak penyelenggara dari Bandung CreACTive agar event ini dapat memasyarakatkan Kampung Dago Pojok sebagai Kampung Kreatif dimana terdapat banyak keanekaragaman kesenian dan  kebudayaan yang harus dijaga kelestariannya.

#####

Bandung CreACTive : Road To Kampung Kreatif 2012

“Do Creativity to Change the Society”

-END-

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Levana Kharisma Utami
Chief of Public Relations
Hp. 085711153111
http://www.bandungcreactive.blogspot.com

bandungcreactive@gmail.com

Twitter: @BdgCreACTive