Memasuki Musim Kemarau Waspadai Kebakaran

by -22 views

Jatinangorku.com – Warga diharapkan meningkatkan kewaspadaan seiring musibah kebakaran yang kerap terjadi di wilayah Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang. Dengan kewaspadaan ini, diharapkan musibah dapat dicegah.

“Musim kemarau berpotensi memicu kebakaran. Kita harap warga waspada,” kata Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan, Senin (22/9).

Warga juga diharapkan mewaspadai berbagai penyakit. “Penyakit juga berdatangan sehubungan dengan musim kemarau ini,” ujarnya.

Bentuk kewaspadaan ini misalnya memastikan rumah dalam keadaan aman sebelum pergi. Pastikan kabel-kabel listrik dan kompor sudah dimatikan. “Tidak bisa dimungkiri, kebakaran dipicu kelalaian manusia juga,” katanya.

Kurangnya perhatian terhadap kelayakan tabung elpiji dan instalasi listrik, secara tidak langsung ikut memicu kebakaran.

Asep pun mengimbau para kepala desa menyosialisasikan tanggap bencana kebakaran.

“Harus ada kesadaran dari warga, karena ini untuk kebaikan semua. Kades dan warga diharapkan meningkatkan pola hidup sehat, agar tidak muncul aneka penyakit akibat perubahan cuaca,” katanya.

Salah satu kegiatan yang harus kembali digerakkan di antaranya program Jumat Bersih (Jumsih) yang bisa mendorong terciptanya lingkungan yang sehat.

“Jumsih ini program biasa tapi dampaknya luar biasa untuk kebaikan warga. Setidaknya kegiatan yang diadakan satu minggu sekali ini akan menumbuhkan kesadaran,” pungkasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/